Senin, 25 Maret 2013

Kala Tattwa

Kala Tattwa


Diceritrakan Bhatara Siwa sedang berjalan-jalan di atas samudra bersama-sama dengan Bhatari Uma kebetulan kain Bhatari Uma tersingkap oleh angin maka terlihatlah betis beliau sehingga keluarlah nafsu Bhatara Siwa untuk bersenggama.

Pada saat itu jatuhlah kama (mani) Bhatara Siwa di lautan dan kama ini dipelihara oleh Sanghyag Trimurti sehingga lahirlah Bhatara Kala. Sesudah bcrwujud Bhatara Kala maka inginlah beliau mengetahui siapa ayah dan ibu beliau. Karena rupanya yang menakutkan maka setiap orang atau raja yang menjumpai menjadi takut sehingga ada yang lari dan sebagian lagi para raja-raja ini melawan disangka Bhatara Kala ini bermaksud jahat. 

Akhirnya para Dewa memohon kepada Bhatara Siwa untuk menghadapi Bhatara Kala ini. Setelah Bhatara Siwa bertempur beberapa saat maka melihat kesaktian Bhatara Kala yang sedemikian hebat inginlah Beliau mengetahui apa sebenarnya tujuannya berperang.

Setelah Bhatara Siwa bertanya apa tujuan Bhatara Kala datang ke sorga maka dijawablah bahwa sebenarnya Bhatara Kala ingin menjumpai ayah dan ibunya yang tidak diketahui sejak beliau dilahirkan di lautan. 

Oleh karena itu maka Bhatara Siwa meminta agar Bhatara Kala mau memotong taringnya sebab setelah taring itu dipotong barulah dia akan bisa melihat Ibu dan Bapa.

Permintaan Bhatara Siwa itu dipenuhi sehingga dipatahkanlah taringnya sendiri dan setelah itu barulah Bhatara Siwa mau mengakui bahwa Bhatara Kala adalah putra Beliau dan Ibunya adalah Bhatari Uma.

Tidak ada komentar: