Jumat, 13 April 2012

Mentimun atau Timun - khasiat dan manfaatnya bagi kita



Siapa sangka buah Mentimun yang memiliki nama ilmiah Cucumis sativus, punya beragam khasiat. Buah yang bentuknya lonjong ini, ternyata tidak hanya enak dipakai acar, dimakan langsung, dipakai campuran rujak dan sebagainya, ternyata juga memiliki khasiat buat kesehatan. Buahnya dapat digunakan untuk mengobati penyakit disentri dan pening / pusing / demam. Sedangkan bijinya memiliki racun alkaloid jenis hipoxanti yang dapat mengobati anak-anak yang menderita cacingan serta sakit tenggorokan. Selain itu, mentimun juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, mengatasi sariawan, menurunkan tekanan darah tinggi, dan membersihkan ginjal.
Satu biji buah mentimum umumnya  mengandung 0.65% protein, 0.1% lemak, 2.2% karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.
Berikut ini cara-cara pengobatan penyakit dengan menggunakan buah mentimun:
  1. Bagi yang punya penyakit tekanan darah tinggi, bisa diobati dengan cara : parut buah mentimun dan peras airnya, kemudian diminum. Lakukan 2-3 kali sehari.
  2. Bagi yang mukanya atau tubuhnya berjerawat, lakukan pengobatan dengan cara : cuci mentimun, lalu iris kecil-kecil, terus tempelkan irisannya di atas bagian wajah atau tubuh yang berjerawat. Baiknya dilakukan saat mau tidur atau saat santai.
  3. Bagi yang kena sariawan, lakukan pengobatan dengan cara : makanlah 9 buah mentimun setiap hari secara rutin.
  4. Bagi yang ginjalnya kurang bersih, mentimun bisa membersihkan ginjal, lakukan pengobatan dengan cara : parut buah mentimun dan peras airnya. Air perasan, diminum sedikit demi sedikit hingga lambung terbiasa menerima cairan mentimun. Lakukan secara rutin.
  5. Bagi yang sedang mengalami demam, lakukan pengobatan dengan cara : parut buah mentimun dan letakkan hasil parutannya di atas perut. (perut diboboki parutan mentimun)
Ya sampai disini dulu yaa, nanti disambung lagi. Kalo bisa, like dan kasih komen dong.. biar nambah pengetahuanku yaa… Makasih


Tidak ada komentar: