Babad
Buleleng
Om
Awighnam Astu
Semoga
tidak ada halangan.
Pranamyam sira dewam, bhuktimukti itarttaya, prawaksyatwa wijneyah, brahmanam
ksatriyadih, patayeswarah.
Setelah
kalahnya Baginda Raja Bedahulu di Bali, oleh beliau Sri Aji Kala Gemet, sebagai
pelindung daerah, yang berkedudukan di Majalange, akhirnya keadaan Bali pada
saat itu menjadi tenang, sehingga tidak senanglah Patih Nirada Mada, melihat
peraturan tata tertib rusak, adalah beliau yang bernama Dang Hyang Kapakisan,
seorang pandita yang sudah sempurna, beliau dipakai sebagai bagawanta oleh
Nirada Mada, beliau berputra yang lahir dari batu, hasil dari pemujaan beliau
kepada Hyang Surya (Asurya sewana) sehingga mendapatkan seorang bidadari di
taman, dia itulah akhirnya dipakai istri oleh beliau, akhirnya berputralah
beliau laki-laki tiga orang, salah satu adalah wanita, mereka itulah yang
dicalonkan oleh Gajah Mada untuk memerintah, dimohon kepada sang pendeta, yang
tertua dinobatkan di Brambangan, adiknya memerintah di Pasuruhan, dan yang bungsu
menjadi penguasa di daerah Bangsul (Bali), bernama Sri Dalem Kresna Kepakisan,
I Dewa Wawu Rawuh nama lain beliau, beliau beristana di desa Samprangan, ada
lagi pengikut baginda yang bertahta sebagai raja Bali Aga yang bergelar
Maharaja Kapakisan, di antaranya, beliau Sirarya Kanuruhan, Arya Wangbang, Arya
Kenceng, Arya Dalancang, Arya Tan Wikan, Arya Pangalasan, Arya Manguri, sira
Wang Bang, terakhir Arya Kuta Waringin, dan ada lagi tiga orang wesya, bernama
Tan Kober, Tan Kawur, Tan Mundur.
Lama kelamaan wafatlah beliau Sri Dalem Kapakisan, beliau
meninggalkan tiga orang putra laki-laki, satu orang perempuan, yang pertama
bernama Dalem Samprangan, beliau suka bersolek, yang kedua bernama Dalem
Tarukan, beliau kurang waras, mengawinkan saudara perempuannya dengan kuda,
selanjutnya yang bungsu beliau bernama Dalem Ketut, beliau yang menggantikan
kedudukan ayahnya, selanjutnya beralih istana ke Swecalinggarsapura.
Setelah beliau kembali ke alam baka, beliau digantikan oleh
putranya, yang bernama Dalem Watu Renggong. Setelah beliau wafat, beliau juga
diganti oleh putranya, yang bergelar Dalem Sagening, yang selanjutnya banyak
menurunkan anak cucu, itulah sebabnya ada jenjang martabat kebangsawanan
keluarga kesatria (nista, madya, dan utama). Semuanya adalah para putra
awalnya, oleh beliau Sri Aji Dalem Sagening.
Diceritakan beliau Arya Kapakisan, sebagai mahapatih daerah
Bali, putra beliau yang tertua bernama Nyuh Aya, adik beliau Arya Asak,
beliaulah sebagai leluhur keluarga raja Mengwi.
Adapun Beliau Arya Nyuh Aya, beliau berputra tujuh orang,
yang tertua beliau Ki Arya Patandakan, adik beliau Ki Arya Kasatrya, Ki Arya
Pelangan, Arya Akah, beliau Arya Kaloping, Arya Cacaran, serta beliau Arya
Anggan.
Kembali diceritakan putra beliau Ki Arya Cacaran, Ki Arya Pananggungan,
berputra Ki Arya Pasimpangan, berputra Ki Gusti Ngurah Jarantik, beliau
pemberani dalam pertempuran, beliau meninggal dalam pertempuran di Pasuruhan,
beliau meninggal masih muda, adalah putra beliau, yang bernama Ki Gusti Ngurah
Jarantik Bogol, sebab ayah beliau meninggal dalam keadaan tanpa senjata.
Kembali diceritakan, adalah seorang wanita bernama Si Luh
Pasek Panji, ia memang berasal dari desa Panji daerah wilayah Den Bukit, ia
menjadi abdinya Sri Aji Dalem Sagening, ia sudah gadis dewasa, pada saat hari
yang baik, kebetulan saja Si Luh Pasek sedang buang air kecil (kencing), air
kencing Si Luh Pasek terpijak oleh beliau Dalem, terasa panas tanah bekas air
kencingnya, terhenyak beliau Dalem, selanjutnya beliau menanyai abdinya, siapa
yang mempunyai bekas air kencing itu, yang ditanya menjelaskan dengan
sesungguhnya, bahwa Si Luh Pasek yang mempunyai bekas air kencing itu, saat
itulah beliau Sri Aji Dalem Sagening memikir-mikirkan keutamaan Si Luh Pasek
Panji, bagaikan tersentak timbul birahinya, oleh karena dimabuk asmara,
akhirnya Si Luh Pasek digauli, akhirnya ia berhasil diperistri oleh Sri Aji
Dalem Sagening, disertai dengan kelengkapan upacara seorang istri, entah berapa
lama, akhirnya Si Luh Pasek kelihatan hamil.
Akhirnya ingatlah beliau Sri Aji Dalem Bali, oleh karena
sudah tiba saatnya, beliau wafat ke alam baka, akan tetapi belum ada balas jasa
beliau terhadap Arya Jarantik, sebagai orang kepercayaan beliau, oleh karena
banyak pengabdian yang sudah dilakukan dengan taat dan hormat selama beliau
mengabdi, dari leluhur beliau dahulu, dengan kesetiaan dan ketaatan yang kuat,
menyebabkan tumbuh rasa kasih sayang beliau Sri Aji Dalem. Itulah sebabnya Si
Luh Pasek Panji yang sudah hamil diberikan kepada Ki Gusti Ngurah Jarantik,
akan tetapi ada pesan Dalem, kepada Ki Gusti Ngurah Jarantik, supaya tidak
menggauli mencampuri sanggama, serta ada lagi janji Dalem, kemudian apabila
lahir anak itu, supaya Ki Gusti Ngurah Jarantik bersedia mengangkat sebagai
anak angkat, supaya bersaudara dengan anak beliau, yang bernama Ki Ngurah
Jarantik, yang sudah dewasa, tidak menolak mereka yang diperintah.
Entah sudah berapa lama, setelah waktunya akan melahirkan,
lahirlah anak beliau Si Luh Pasek Panji laki-laki sangat tampan tanpa cacat
cela, juga dari ubun-ubun anak itu keluar sinar, sebagai tanda seorang calon
pemimpin, sakti dan berani kemudian unggul dalam peperangan, hati beliau Ki
Gusti Ngurah Jarantik sangat girang, setelah Dalem diberitahu, selanjutnya anak
itu diupacarai, sesuai dengan upacara Arya Ngurah Jarantik, selanjutnya anak
itu diberi nama Ki Barak Panji. Adapun istri Ki Ngurah Jarantik, ternyata tidak
setuju hatinya, sangat murung dan duka hatinya, melihat anak itu demikian,
sehingga timbul iri hati beliau, oleh karena tidak lahir dari dirinya sendiri,
diduga akan menyebabkan anak beliau tersisih nantinya, sebab anak beliau
sendiri, tidak demikian perbawanya, kejengkelannya ditelan saja, terpendam di
hati terus-menerus.
Setelah Ki Barak Panji dewasa, beliau menghadap raja,
mengabdi kepada Sri Aji Dalem Sagening, selanjutnya dikumpulkannya dengan putra
para Arya lainnya, yang sama-sama mengabdi.
Tiba-tiba malam hari, ketika orang-orang tertidur lelap
dalam istana, kebetulan Sri Aji Dalem keluar dan ruangannya, disertai oleh sang
permaisuri, kelihatan oleh beliau berdua, ada sinar suci menandakan prabawa,
pada kepala salah seorang abdinya, yang sedang tidur, terkejutlah beliau
berdua, selanjutnya diperiksalah keadaan abdi yang sedang tidur itu, setiba
beliau di sana, tiba-tiba sinar itu menghilang, selanjutnya anak yang bercahaya
suci itu ditandailah dengan kapur oleh beliau Sri Aji Dalem Sagening.
Keesokannya, ternyata Ki Barak Panji tersurat kapur, di
sanalah Sri Aji Dalem Sagening percaya akan kata-katanya Ki Gusti Ngurah
Jarantik, bahwa benar ubun-ubun anak itu keluar sinar, hati beliau menjadi
murung, hati beliau Dalem sangat kasih sayang, akan tetapi ada yang ditakutkan
dalam hati, mungkin Ki Barak Panji, nantinya akan mengalahkan putranya, yang
diharapkan akan menggantikan menjadi raja.
Lama-kelamaan, kira-kira sesudah dua belas tahun umumnya Ki
Barak Panji, khawatir dan curiga hati Dalem, beserta permaisuri baginda,
demikian juga pikiran Ki Gusti Ngurah Jarantik, termasuk isterinya, sehingga
berunding beliau Dalem, diiringi oleh Ki Gusti Ngurah Jarantik, mencari akal
upaya, berusaha agar lepas dari mala petaka, setelah pembicaraan selesai, Ki
Barak Panji disuruh pulang ke daerah ibunya di desa Panji, Den Bukit.
Menjelang keberangkatannya ke desa Panji, beliau Sri Aji
Dalem Sagening, sudah siap dengan pengiring putra baginda, empat puluh orang
banyaknya, telah teruji keberaniannya, sebagai pimpinannya, bernama Dumpyung,
beserta Ki Dosot, dan lagi ada hadiah, memberikan pengiringnya senjata keris,
Semuanya yang berjumlah empat puluh, sama-sama satu bilah, akan tetapi ketika
Dalem memberikan keris pembagian kepada para pengiringnya satu demi satu,
ternyata ada masih tertinggal sebilah, berupa Mundarang Cacaran Bangbang
(sejenis bentuk keris).
Selanjutnya kembali dikumpulkan keris itu bersama, setelah
terkumpul cukup empat puluh itu, selanjutnya lagi keris itu dibagi-bagikan,
sebanyak empat puluh itu, setelah mendapat bagian satu demi satu, lalu ada lagi
sisanya satu bilah, berupa Mundarang Cacaran Bangbang, seperti tadi, bingung
hati Beliau Dalem Sagening, beserta Ki Gusti Ngurah Jarantik, dan setelah
selesai diulang-ulang lagi, terus-menerus keris itu dibagikan, ada juga sisanya
keris sebilah, seperti semula.
Setelah demikian baru teringat dalam hati beliau Sri Aji
Bali, terpikirkan bahwa keris itu yang tertinggal, pusaka buat Ki Gusti Panji
(Ki Barak Panji) sebenarnya, itulah sebabnya keris yang tersisa, selanjutnya
diberikan Ki Gusti Panji, sudah merupakan pusaka Dalem diberikan kepadanya,
lain dari pada itu, ada pemberian Dalem lagi berupa sebilah tombak, bernama Ki
Tunjung Tutur, Ki Pangkajatatwa nama lainnya.
Setelah beliau Dalem menganugerahi Ki Gusti Panji, pada saat
hari yang baik, beliau Ki Gusti Panji mohon diri, selanjutnya beliau pergi ke
Den Bukit, dengan membawa keris pemberian Dalem, disertai oleh ibunya, diiringi
oleh Ki Dumpyung yang membawa Ki Pangkajatatwa, serta Ki Dosot, beserta
pengiring abdi yang lain berjumlah tiga puluh.
Diceritakan perjalanan Ki Gusti Panji, setelah beliau pergi
dari kota Gelgel, mampir di Jarantik, mengadakan pemujaan di bagian kota
Jarantik, selanjutnya pergi menuju arah utara, selanjutnya ke barat, memasuki
daerah Samprangan, selanjutnya terus ke barat, memasuki daerah Kawisunya,
dicapai wilayah Bandana itu, selanjutnya beliau menuju ke arah barat laut,
menuju daerah Danau Pabaratan, setelah empat hari perjalanan Beliau Ki Gusti
Panji, menginap dalam perjalanan, ketika matahari sudah condong ke barat,, mendaki
bukit Watu Saga, wilayah Den Bukit, berhentilah beliau di sana, seraya makan
bekal beliau berupa ketupat, lalu beliau tersedak-sedak waktu makan
(kilen-kilen), kemudian Ki Dumpyung disuruh pergi jauh untuk melihat air di
bawah, dan senjata Ki Pangkajatatwa, diterima oleh Si Luh Pasek Panji, lalu
pangkal tangkainya ditancapkan di tanah, maksudnya untuk menaruhnya,
nyata-nyata terbukti Hyang Widi murah hati beliau, lalu memancar keluar air
suci dari dalam tanah, yang ditancapi itu, kira-kira sebesar bejana mata air
itu keluar, akan tetapi tidak ada yang mengalir ke luar dari lubang itu, hanya
tetap berada seperti semula, sangat luar biasa kesucian air itu, tak terkira
senang hati mereka semua, terutama beliau Ki Gusti Panji, lalu beliau minum air
itu, demikian ceritanya air itu dahulu, selanjutnya diberi nama Banyu Anaman,
Toya Katipat nama lainnya, hingga sampai sekarang.
Setelah Semuanya selesai makan, beserta pengiringnya semua,
selanjutnya kembali beliau melanjutkan perjalanan, membelok ke barat, ketika
hari sudah sore, matahari pun sudah condong ke barat, dan tenggelam ke laut.
Beliau Ki Gusti Panji kebetulan berada di dalam perjalanan, di atas Danau
Bubuyan, tiba-tiba datang berupa manusia kelihatannya, bernama Ki Panji
Landung, langsung dicegat Ki Gusti Panji, diusung ke atas, tak terkira
tingginya Ki Panji Landung, setelah terasa langit itu bagaikan disundul
pikirnya, lalu Ki Gusti Panji disuruh melihat ke timur, kelihatan oleh beliau
Ki Gusti Panji gunung Toya Anyar, disuruh melihat ke utara, tidak kelihatan
apa-apa, hanya kelihatan samudera luas, kemudian beliau disuruh melihat ke barat,
kelihatan membiru gunung Banger yang tinggi, selanjutnya lagi beliau disuruh
menghadap ke selatan, selanjutnya Ki Gusti Panji menyuruh agar diturunkan,
sebab beliau tak kuasa mendengar tangis ibunya memandang ke udara, sendirian di
bawah berbaring di tanah, disertai pengikutnya semua, itu sebabnya Ki Gusti
Panji diturunkan dari atas, lalu sambil berkata menyatakan anugerah Ki Panji
Landung, hanya sedemikian kemampuanmu melihat, dapat anda kuasai kemudian,
sebagai pemimpin di daerah Den Bukit, anda kuasai sampai ke pelosok-pelosok
semua, demikian kata-kata Ki Panji Landung, memberi anugerah Ki Gusti Panji,
setelah Ki Gusti Panji menginjak tanah, gaiblah Ki Panji Landung, segera timbul
girang hati ibundanya, beserta pengikutnya semua, selanjutnya semua berjalan,
tak menghiraukan siang malam, sebab hampir tiba tempat yang dituju, sama-sama
mengharapkan supaya segera tiba di daerah Panji, kenyataannya berkat anugerah
dewata, supaya tidak mendapat halangan dan lain-lainnya, dan beliau selamat
dalam perjalanan, keesokannya pagi-pagi terang-terang tanah, tiba-tiba Beliau
Ki Gusti Panji sudah sampai di daerah Panji, menuju rumah sanak keluarga
ibunya, sangat senang hati sanak keluarganya semua, bergegas-gegas menjemput,
menyiapkan suguhan selengkapnya, tak lama beliau Ki Gusti Panji ada di daerah
Panji, pengiringnya sebanyak tiga puluh delapan kembali pulang ke Swecanagara,
hanya yang masih ikut Ki Dumpyung beserta Ki Dosot, karena terikat oleh
cintanya bertuan, tidak pernah berpisah mereka berdua, mengikuti perjalanan
beliau Ki Gusti Panji, ke mana-mana pun bercengkrama, membawa keris pemberian.
Diceritakan mereka yang sudah berhasil menjadi pemimpin
daerah Panji, yang bernama Ki Pungakan Gendis, beristana di Desa Gendis, semua
orang yang masuk ke daerah Gendis menjadi terdiam, Semuanya terdiam dan tunduk
menghormat kepada Ki Pungakan Gendis, pada saat hari yang baik, beliau pergi
bersabung ayam ke desa lain, mengendarai kuda berbulu coklat tua (kuda gendis),
sungguh banyak prajurit beliau mengiringi, diapit kanan kiri, beserta di
belakangnya, dilengkapi dengan payung kebesaran, beserta kendi berbentuk angsa
tempat air, puwan berperada dengan indahnya, seperti tingkah lakunya dahulu,
perjalanan beliau lurus ke utara, mengikuti jalan besar, kebetulan I Gusti
bermain-main, dengan diiringi oleh dua orang abdinya, mencari-cari umbi ketela
pada tegalan di bagian barat jalan, dan keris pemberian Dalem tidak lepas
dibawanya, dipakai mencungkil ketela, tiba-tiba ada terdengar sabda dari
angkasa di dengar oleh Ki Gusti Panji, adapun sabda itu, “Ai Barak Panji,
jangan kamu syak wasangka kepada Kakek, tidak pantas perbuatanmu mencari ubi
rambat, jangan kamu ragu-ragu kepadaku, sebab ada yang utama dalam dirimu,
suatu saat kamu menjadi pemimpin di sini, sebab berbakat dicintai oleh rakyat
dalam dunia, dan lihatlah keutamaanmu sekarang, tunggulah sebentar, ada sebagai
musuhmu, bernama Ki Pungakan Gendis, yang berkuasa di Desa Gendis, wajib kau
bunuh, jangan kamu ragu-ragu dalam hati, tudingkan saja aku ke arahnya, berkat
aku terjadi kematiannya, demikian terdengar sabda itu, didengar oleh Ki Gusti
Panji, beserta abdinya berdua, dihentikanlah keris itu dijadikan main-mainan,
kemudian selanjutnya disarungkan.
Diceritakan Ki Pungakan Gendis, setelah laju perjalanan
beliau, melewati jalan, dilihat oleh Beliau Ki Gusti Panji, timbullah marah
beliau dalam hati, akibat dari pengaruh kekuatan keris itu, oleh karena belum
tercapai tujuannya, sebab sudah lewat kepergiannya Ki Pungakan Gendis, lalu
dinantikan saat kepulangannya dari sabungan ayam.
Diceritakan setelah bubarnya orang-orang dari sabungan ayam,
Ki Pungakan Gendis kemudian pulang, dilihat oleh Ki Gusti Panji, Ki Pungakan
Gendis sudah hampir tiba di tempat penantiannya, lalu Ki Gusti Panji segera,
berlindung naik ke pohon leca, yang tumbuh di pinggiran jalan, seraya menghunus
keris pemberian Dalem, kemudian datang Ki Pungakan Gendis, sudah dekat dengan
pohon leca itu, lalu diacungkan keris ke arahnya oleh Ki Gusti Panji, lalu Ki
Pungakan Gendis meninggal, masih dalam keadaan menunggang kuda, akan tetapi
tidak diketahui oleh pengikutnya, hanya berjalan dan berjaga di sana-sini.
Setelah itu tiba Ki Pungakan Gendis, di hadapan rumahnya, setelah
kudanya berhenti yang dikekang oleh pengikutnya, Ki Pungakan Gendis juga tidak
turun, teguh bagaikan lukisan, badannya kaku bagaikan mayat, matanya mendelik
sayu, saat itu baru diketahui, jika Ki Pungakan Gendis, sudah meninggal, akan
tetapi tidak ada yang mengetahui sebab kematiannya.
Ada anak Ki Pungakan Gendis, perempuan seorang diri, bernama
I Dewa Ayu Juruh, mungkin barn akan menjelang dewasa, sangat cantik tanpa ada
celanya, membuat orang jatuh cinta, sedangkan adiknya yang laki-laki masih
kanak-kanak, yang diharapkan menggantikan kedudukan ayahnya, oleh karena ia
belum tahu mencari akan akal upaya, lalu dimandatkan pada Ki Bendesa Gendis,
memerintah desa Gendis.
Entah berapa lama, tiba-tiba ada perahu dari luar daerah,
terdampar di pesisir Panimbangan, sangat susah hati Ki Mpu Awwang, kemudian
meminta bantuan kepada Ki Bendesa Gendis, untuk menarik perahu itu, dan membuat
perjanjian, jika tujuan berhasil, semua isi perahu hadiahnya, sebab perahu itu
sarat dengan muatan segala ragam yang indah-indah, seperti pakaian, cangkir,
piring, pinggan, serta bermacam-macam ramuan, menyebabkan tertarik hasrat Ki
Bendesa Gendis, lalu beliau bersedia membantunya, lalu mereka menyuruh terus
menerus menabuh kentongan, mendatangkan pengikutnya semua, membawa tali, bambu,
beserta alat perlengkapan untuk menarik, setelah Semuanya sudah datang, segera
serempak pergi ke laut, sesampainya semua saling bantu penuh usaha untuk
menolong, saling mengeluarkan gagasan / ide, akan tetapi tidak berhasil,
sedikit pun perahu itu tidak bergerak, mereka semua merasa malu dan marah,
akhirnya semua pulang ke rumahnya masing-masing.
Setelah itu lalu didengar oleh I Gusti Panji, jika demikian
keadaannya, selanjutnya beliau pergi ke tempat perahu yang terdampar itu, tidak
lupa beliau membawa keris pemberian Dalem itu, serta diiringi oleh Ki Dumpyung
beserta Ki Dosot, setelah beliau tiba di pesisir pantai, dijumpainya Ki Dampu
Awwang, sedang menangis meratap-ratap, sambil berkata berkaul, siapa gerangan
yang mampu menolong perahunya, supaya berhasil melaju ke laut, semua isi perahu
ini hadiahnya, oleh karena demikian didengar oleh Ki Gusti Panji, lalu beliau
bersedia untuk menarik perahu itu, seraya keris itu dihunusnya, setelah keris
itu diacungkan, terdengarlah sabda, jangan khawatir, demikian didengar sabda
itu oleh Ki Gusti Panji, beserta dua orang abdinya, lalu percayalah beliau
dalam hati, berhasillah perahu itu didorong, dihempaskan oleh keris itu,
bagaikan diberi kekuatan beliau oleh Hyang Widhi, berhasil perahu itu bergerak,
ke tengah laut, tak terkira larinya ke tengah samudera, selanjutnya kembali
perahu itu ke pinggir, ditambatkan di air, Ki Mpu Awwang tidak lupa akan
janjinya, seluruh isi perahu itu, Semuanya sudah diberikan Ki Gusti Panji,
setelah selesai, perahu itu kembali pulang ke Jawa, tak terkira senang hatinya
Ki Mpu Awwang. Mulai saat itulah Ki Gusti Panji dipenuhi oleh kekayaan, serta
mulai saat itu pula keris pemberian Dalem yang tampak keutamaannya, selanjutnya
diberi julukan Ki Semang.
Setelah selama dua puluh tahun usia Ki Gusti Panji, semakin
terkenal di Gendis serta keutamaannya menurut tata krama, perkataan beliau
manis, membuat hati semua orang senang, membuat tertarik hati penduduk desa
Gendis, selanjutnya semua hormat dan tunduk kehadapan Ki Gusti Panji, luar
biasa baktinya menghamba, tetua (walaba) beserta rakyat sama-sama membela,
tidak merasakan panas dan dingin, menghamba kepada Ki Gusti Panji, selanjutnya
dinobatkan bergelar Ki Gusti Ngurah Panji, selanjutnya orang-orang desa Gendis,
beserta parahyangan agung di bagian barat desa Gendis, dipindahkan ke desa
Panji, oleh Ki Gusti Ngurah Panji, sesuai dengan kesepakatan orang-orang desa
semua, selanjutnya banyak tempat tinggal, berbondong-bondong menggotong
rumahnya, dan tempat suci Ki Gusti Ngurah Panji, sudah selesai dikerjakan oleh
rakyat semua, setelah kedudukan Ki Gusti Ngurah Panji kokoh, berkat dukungan
baik seluruh desa-desa, kawinlah beliau dengan Ki Dewa Ayu Juruh, seia sekata
beliau dalam bersuami istri, oleh karena keduanya sama-sama mencintai.
Konon setelah beliau kaya, akhirnya beliau membuat kepala
keris dari emas, berbentuk Ratmaja diisi dengan permata Mirah Adi bertatahkan
Zamrud (air Lembu). diberi seragam delapan sangat menarik bagaikan hidup
kelihatannya, diberi nama Ki Awak, oleh karena jiwanya sendiri merasuk dalam
keris kepala itu. Tidak ada yang menyamai, telah sesuai keindahannya dengan
sarung gading yang diukir, putih tidak bercela, diberi sarung dari kain halus,
bagaikan menambah keutamaannya keris Ki Semang.
Entah berapa lamanya, berhasil terkenal di dunia,
kewibawaannya Ki Gusti Ngurah Panji, sebagai penguasa desa Panji, lalu tak
terkirakan berbondong-bondong datangnya orang-orang dari Lor Adri, selanjutnya
tinggal di desa Panji, mengabdi ke hadapan Ki Gusti Ngurah Panji, segera penuh
sesak, tertib, indah kelihatan desa itu, oleh karena ditambah oleh orang-orang
keturunan utama dari Ler Adri, sama-sama taat menghamba kehadapan Ki Gusti
Ngurah Panji.
Entah berapa tahun lamanya, tidak menyimpang anugerah Ki
Panji Landung, lalu tunduk orang-orang dari timur sungai We Nirmala, sampai di
ujung desa Toya Anyar, dari pesisir laut sampai ke pegunungan, seperti Kyai
Alit Menala, dari Kubwan Dalem, sama-sama tunduk mengabdi, tidak ada yang
berniat jahat dalam hatinya, setelah Semuanya setuju, lalu Ki Gusti Ngurah
Panji, membangun daerah, selanjutnya memindahkan pusat kerajaannya, dari Sangket
Sukasada, disebut Sukasada karena merupakan tempat kedudukan, sebab selalu
menimbulkan kesenangan sang raja beserta semua abdi dan rakyatnya.
Beberapa lama kemudian, keadaan desa di barat We Kulwan
menjadi kalah tenteram, kagum dan tunduk, semua penguasa, beserta rakyatnya,
semua kelurahan tunduk mempertuan Ki Gusti Ngurah Panji, ada yang bernama Kyayi
Sasangkadri beristana di Tebu Salah, buyut dari Kyayi Cili Ularan, tidak mau
tunduk, itulah sebabnya Ki Gusti Ngurah Panji, pergi untuk menyerang, diiringi
oleh banyak prajurit ramai keadaan perang itu, sama-sama hebat berani dalam
peperangan, selanjutnya kalah beliau Kyayi Sasangkadri, tunduk menyerahkan
dirinya, selanjutnya beliau menghamba, berjanji beserta anak cucunya semua,
sebesar-besarnya keturunan beliau supaya tidak ada yang berani menentang
selama-lamanya terus-menerus, senanglah hati Ki Gusti Ngurah Panji, lalu Kyayi
Sasangkadri, ditempatkan sebagai tetua Tebu Salah, sebab demikian keutamaan Ki
Gusti Ngurah Panji, sangat berani dalam medan perang, disenangi oleh rakyat,
sebagai pemimpin daerah Den Bukit, sebagai pemimpin berkat keris Ki Semang,
beserta tombaknya Ki Pangkajatatwa, itulah sebabnya tenteram penduduk di daerah
Ler Gunung, mulai saat itu diberi julukan Ki Gusti Ngurah Panji Sakti oleh
rakyat, karena kesaktiannya luar biasa, sesudah memimpin di Ler Gunung, sebagai
pemimpin menetap di istana Sukasada, sebab dahulu orang-orang di sana selalu
bersenang-senang, menikmati kegembiraan hatinya, mengikuti pemimpinnya, penuh
sesak sampai ke balai rung, sesuai dengan tingkah lakunya yang baik, tidak ada
yang berani menentang perintah beliau raja.
Diceritakan beliau raja membuat seperangkat gamelan
kerajaan, penuh dengan perlengkapannya, terompong di depan dan di belakang,
diberi nama Juruh Satukad, oleh karena suaranya sangat manis, bagaikan banjir
aliran madu, memenuhi sungai umpamanya.
Gongnya dua buah, diberi nama Bentar Kadaton, sebab bagaikan
belah Keraton itu saat ditabuh (ginuwal) suaranya mendengung. Dan lagi disebut
Ki Gagak Ora waktu berbunyi, bagaikan suara gagak beribu-ribu. Serta petuk
kajarnya, terkenal bernama Ki Tundung Musuh mengagumkan diberi nama Glagah
Katunuwan, suaranya seperti pohon gelagah yang kering terbakar, suaranya luar
biasa bagaikan membelah telinga manusia, dan lagi gong kecilnya, suaranya
sangat gemuruh, bagaikan guruh bertebaran umpamanya, itulah sebabnya diberi
nama Gelap Kasangka, sebab bagaikan pergantian suara tatit pada saat bulan
Kasanga (Maret/April) perumpamaannya, demikianlah keterangan gamelan kerajaan
Sri Anglurah Panji Sakti, itulah sebabnya musuh dan pengacau menjadi takut,, tidak
berani melihat kesaktian beliau, tidak diceritakan selanjutnya.
Diceritakan ada seorang brahmana, sangat hebat kesaktiannya,
beliau sudah mencapai tingkat astaiswarya, Mpu Nirartha nama beliau, anak Dang
Hyang Asmaranatha, Beliau Mpu Nirartha pergi ke Bali, setelah beliau tiba di
Bali, beliau tinggal di Kemenuh wilayah Bala Batuh, ada anak beliau beribu
brahmani dari Yawadwipa, yang tertua perempuan beliau lenyap ke alam gaib,
tinggal di Melanting Mpu Laki sebagai Dewa di sana sampai sekarang, yang laki
bernama Pedanda Kemenuh, banyak saudaranya lain ibu, brahmani dari Pasuruhan,
ada yang beribu dari kesatria Blambangan, ada saudaranya beribu dari Bendesa
Mas. Ada juga beribu Sudra, abdi dari Ki Bendesa Mas.
Beliau Pedanda Kemenuh sebagai putra laki-laki tertua,
beliau pindah ke Ler Gunung, desa Kayu Putih, beliau memiliki pengetahuan yang
tinggi sangat pandai dalam hal ilmu weda, sangat mahir membuat keris, keluhuran
ilmu Pasupatinya, beliau sangat terkenal di masyarakat, oleh karenanya ada
sebutan keris buatan Kayu Putih, demikianlah keutamaan beliau, lalu dimintalah
beliau, oleh Ki Gusti Panji Sakti, beliau diberi kedudukan sebagai bagawanta,
dinobatkan menjadi pendeta kerajaan, dan beliau disuruh mengalih ke banjar
Ambengan, beliau diberi pengikut/abdi sebatas barat sungai Bok-Bok, lebih
kurang, 3000 banyaknya, selanjutnya Pedanda Sakti Ngurah sebutan beliau di
masyarakat, oleh karena sangat kasih sayang serta taat hati beliau ( Ki Gusti
Panji Sakti ) kepada pendeta gurunya, dibuatkan rumah di Sukasada, sehingga
saling berdekatan tempat tinggalnya, disebut Griya Romarsana, setelah saatnya
tiba, akhirnya beliau dipanggil menuju alam baka, berada di pertapaan Kayu
Putih, sebab beliau tidak menyadari akan tibanya ajal, ada putra beliau yang
menggantikan, seperti kedudukan bapaknya, sebagai bagawanta baginda raja, lalu
mengumpulkan rakyat, Pedanda Sakti Ngurah juga namanya oleh baginda raja,
beliau tak mengenal lelah meniru keahlian ayahnya untuk menyenangkan baginda
raja, selanjutnya mempunyai kegemaran membuat keris, sangat luar biasa keris
buatannya, itulah sebabnya ada sebutan keris buatan Banjar, senjata tajam
mengandung kesaktian, demikian Pedanda Sakti Ngurah sangat cintanya, sebab
beliau ingat akan leluhurnya, tidak ada lain asalnya memang bersaudara, pada
saat masih berada di daerah Yawadwipa, itulah sebabnya ada perjanjian beliau
berdua ada di desa Romarsana, agar tidak berpisah, saling menjaga, dalam suka
duka, sama-sama senasib dan seperjuangan, satu bersenang semuanya bersenang,
satu bersedih semuanya bersedih, sehingga bagaikan tingkah laku persaudaraan,
lalu ditiru oleh masyarakat, demikianlah perjanjiannya, semua sudah bahagia,
itulah sebabnya desa Romarsana disebut Sangket, sebab dipakai sebagai tempat
mengikat perjanjian, Ki Gusti Ngurah Panji Sakti dengan beliau yang dihormati
Pedanda Sakti Ngurah, lanjut serta anak cucu beliau, agar meniru kebiasaan baik
leluhurnya. dari putra yang tertua Sri Bagawan Dwijendra, Pedanda Sakti Wawu
Rawuh nama lain beliau, sebab beliau mengawali datang ke Pulau Bangsul / Bali.
Kembali diceritakan, putra Ki Gusti Ngurah Panji Sakti,
lahir dari I Dewa Ayu Juruh, kedudukannya sebagai putra mahkota, yang tertua
bernama Ki Gusti Ngurah Panji, seperti nama ayah beliau, dan yang kedua bernama
Ki Gusti Ngurah Panji Made, serta yang bungsu bernama Ki Gusti Ngurah Panji
Wala, sama-sama tampan tak tercela keadaannya, amat tenteram hati beliau raja,
ada terbetik dalam hati, bersiap untuk menyerang menuju daerah Brambangan,
daerah Yawadwipa, sebab beliau ingat akan anugerah Ki Panji Landung, pada saat
dulu, lalu beliau membuat akal-upaya selengkapnya, seluruh prajurit pemberani
dipanggil, yang sudah sering menyerang musuh, Semuanya prajurit yang perwira
sebagai pimpinan, dua puluh jumlahnya, sama-sama keturunan pemberani, diajak
bermain gagak-gagakan, oleh baginda Raja Panji Sakti, dan mereka semua bergilir
menjadi burung gagak, ditanya oleh baginda Raja, “Gagak apa yang kamu
harapkan?” Si gagak kemudian menjawab, ada yang meminta makanan, minuman, anak
gadis, mas permata, busana, serta manikam, bermacam-macam permintaannya
masing-masing, semua sudah dipenuhi permintaan goak itu, sama-sama senang hati
gagak itu menikmati makanan dan minuman, sandang, pakaian dan pangan, tidak
jemu-jemu sama-sama memenuhi keinginan, setelah demikian, selanjutnya beliau
Raja menjadi gagak, ditanya oleh para patih semua, “Gagak apa keinginanmu?”, Si
gagak lalu menjawab, “gagak, goak, gak, keinginanku menundukkan Brambangan”,
semua prajurit bersorak, sebab penuh sesak para prajurit yang menonton. Setelah
selesai, bersiap-siap mengatur para prajurit itu, penuh dengan persiapan,
beserta perahu sudah banyak disiapkan, sudah siap ditambatkan tinggal menunggu
komando baginda Raja, berayun-ayun dalam samudera sampai ke sungai pelepasan.
Pada saat hari yang baik, yang disarankan oleh Sri
Bagawanta, beliau Sri Bupati berangkat, dengan menaiki perahu, diiring oleh
rakyatnya banyak, adapun jalur yang dilalui perahu itu, menuju Candi Gading
daerah pinggiran pantai Tirta Arum, selanjutnya menyerang ke daerah Banger,
disergap oleh Dalem Brambangan, luar biasa ramainya pertempuran itu, jenazah
bagaikan gunung, berlautan darah, di medan pertempuran, selanjutnya beliau
bertemu dengan Dalem Brambangan, yang berada di tengah medan laga, selanjutnya
satu demi satu mengadu kekuatan di medan laga, sama-sama ikhlas berani dan
tangkas bertarung, entah berapa lama perang itu berlangsung, lalu terjebak
Dalem Brambangan, dadanya ditikam oleh beliau Sri Panji Sakti, dengan keris Ki
Semang, lalu beliau Dalem Brambangan terjerembab, selanjutnya menghembuskan
nafasnya yang terakhir, akhirnya kekuasaan Brambangan jatuh menjadi tunduk,
Semuanya tunduk memohon supaya tetap hidup.
Didengarlah oleh Baginda Raja Solo, akan kehebatan Sri Panji
Sakti, lalu beliau menjalin persahabatan berdua, selanjutnya beliau Sri Panji
Sakti diberi gajah tunggangan, setelah Semuanya selesai, Sri Panji Sakti
kembali pulang ke Bali, dengan membawa panji-panji hasil rampasan, segala macam
yang utama, akan tetapi ada yang disakitkan dalam hati, sebab anaknya yang
masih muda, yang bernama Ngurah Panji Nyoman, Danudresta nama lainnya, sudah
gugur dalam medan pertempuran di Brambangan, tak lama berduka cita kemudian
beliau kembali sukacita, seperti keadaan semula, sebab dihibur oleh Sri Maha
Rsi Bagawanta, Pedanda Sakti Ngurah. Demikian kehebatan beliau Sri Panji Sakti
terdengar.
Diceritakan Sri Panji Sakti, merintis membangun kota (pura),
di pategalan daerah Balalak, tempat orang menanam Buleleng, ada dijumpai di
sana, ibu leleng, banyak orang-orang yang tinggal di sana, tempat tanah lapang
itu, di bagian utara wilayah Sukasada, setelah menjadi besar tempat kota itu,
banyak orang berbondong-bondong pergi pindah ke sana, akhirnya penuh dengan
rumah tempat tinggal, selanjutnya diberi nama Kota Buleleng, dan istana tempat
tinggal baginda raja, diberi nama Singaraja, sebab jelas bagaikan singa
keberanian baginda Raja, serta gajah beliau yang bagaikan gajah Nirwana,
dibuatkan kandang di bagian utara kota, itulah sebabnya bernama Petak desa itu,
dan yang menggembalakan gajah, adalah tiga orang dari Jawa, pemberian raja
Solo, dua orang bertempat di daerah bagian utara Petak, itu selanjutnya bernama
Kampung Jawa, serta yang seorang lagi, bertempat di Lingga dekat dengan pesisir
Toya Mala, sebab asalnya dari Prabulingga Yawadwipa, di antara desa Petak dan
desa (Kampung) Jawa, bernama desa Paguyangan, sebab tempat gajah beliau
berguling-gulingan digembalakan di sana, demikianlah ceritanya dahulu.
Setelah lama-kelamaan, orang Jawa di Kampung Jawa,
mengembangkan keturunan, kemudian dibagi atas perintah baginda Raja,
ditempatkan di hutan Pagatepan, selanjutnya juga diberi nama Pagayaman, sebagai
penjaga benteng di daerah pegunungan.
Entah berapa lama, kembali Sri Panji Sakti, pergi menyerang
Jaranbana, oleh karena kehebatan keris Ki Semang, akhirnya hancur daerah
Jaranbana, dapat ditaklukan oleh Sri Panji Sakti.
Tak terhitung berapa lama kemudian, Ki Gusti Ngurah Panji
Sakti, mendengar berita, ada seorang putri yang sangat cantik bernama Ki Gusti
Ayu Rai, saudara dari Ki Gusti Ngurah Made Agung, yang berkuasa di Mengwi,
beliau sekarang ingin melamarnya, akan dipakai sebagai istri, utusan pun sudah
berjalan, lalu ditolak mas kawin beliau, akhirnya main beliau Ki Gusti Ngurah
Panji, timbullah kemarahannya, ingin untuk menghancurkan wilayah Mengwi, oleh
karena kewibawaannya dijadikan kebanggaan, setelah mampu menguasai daerah
Banger, selanjutnya beliau mengirim utusan, menantang wilayah Mengwi untuk bertempur.
Keinginan beliau untuk mengadu, prajurit andalan beliau yang berupa gagak-gagak
itu, bersama prajurit Mengwi, sebab terkenal bernama Teruna Batan Tanjung,
beserta Teruna Munggu, disanggupi oleh penguasa Mengwi, sama-sama mendorong
prajurit beliau untuk bertempur, ramai pertempuran itu, saling amuk, sama-sama
tikam, menikam, sama-sama pemberani, dilihat oleh beliau berdua, lalu
disuruhnya untuk mengakhiri perang itu, oleh karena keinginan beliau Ki Gusti
Ngurah Made Agung, mencoba keberanian dan kehebatan orang-orang Ler Gunung,
sekarang telah beliau ketahui benar-benar keberaniannya dalam pertempuran,
ikhlas hatinya memberikan adiknya, pada Ki Gusti Ngurah Panji Sakti, tidak
diceritakan perundingan beliau berdua, setelah sama-sama sepakat, maka sebagai
raja yang berwibawa, baginda di atas singasana, selanjutnya Ki Gusti Ngurah
Panji Sakti beserta Ki Gusti Ayu Rai dinikahkan, setelah demikian keadaannya,
kembali beliau penguasa Den Gunung, diiringi istri beliau Ki Gusti Ayu Rai,
sebagai balas jasa cinta kasih beliau kepada raja Mengwi, diserahkan daerah
Brambangan, beserta Jaranbana, oleh baginda penguasa Ler Gunung.
Setelah beliau tenteram berada di daerah Buleleng, tidak ada
yang berani menentang atau melawan keinginannya, sehingga Ki Ngurah Panji Sakti
memikirkan ingin menghadapi dengan alasan untuk bertempur, maka Ki Gusti Ngurah
Panji Sakti, pergi ke gunung Batukaru, daerah kekuasaan Bandana, diiringi
banyak prajuritnya, dilengkapi dengan senjata, setiba beliau di sana, segera
beliau merusak parahyangan Agung Batukaru, semua bangunan suci dirusaknya,
dipindahkan dari tempatnya, tiba-tiba ada lebah berpuluh-puluh jumlahnya,
masing-masing segenggam besarnya, tidak diketahui dari mana asal mulanya,
bagaikan kehendak dewata, berhamburan menyerang beliau Ki Gusti Ngurah Panji
Sakti, bagaikan bencana dari Dewata pikirnya, tidak tertahan oleh beliau Ki
Gusti Ngurah Panji Sakti, selanjutnya beliau lari beserta dengan prajuritnya,
tidak melihat lagi ke belakang, sebab beliau sudah merasa dalam hati, bahwasanya
itu kutukan Dewata pada dirinya.
Lama-kelamaan, kembali Ki Gusti Ngurah Panji Sakti,
menantang perang, datang ke wilayah Badeng, beserta dengan prajurit serta
perlengkapannya, dengan menunggangi gajah besar, setiba beliau di daerah bagian
utara tempat suci ( pura Satria ) Badeng, dihadang oleh banyak prajurit dari
daerah Badeng, perangpun terjadi, tikam-menikam, namun akhirnya berdamai juga
dengan penguasa daerah Badeng, daerah tempat pertempuran itu selanjutnya diberi
nama Taensiat, sampai sekarang, oleh karena tempat permulaan terjadinya perang
antara prajurit Den Bukit, melawan prajurit Badeng. Selanjutnya Ki Gusti Ngurah
Panji Sakti, mengambil istri dari golongan Wesya dari Banjar Ambengan Badung.
Beberapa lama kemudian, ada terdengar berita, oleh Ki Gusti
Ngurah Panji Sakti, bahwa cucunya Ki Gusti Ngurah Jarantik, di daerah Jarantik
dikecewakan oleh Dalem Bali, di daerah Gelgel, kesalahannya karena tidak
memberikan keris pusakanya, yang diinginkan oleh Dalem, itu yang menyebabkan
beliau sedih dalam hati, beliau ingin meninggalkan daerah Jarantik, berusaha
menyelamatkan diri, oleh karena terpikir pasti mati, jika tidak pergi dari
daerah Jarantik, pergi jauh, terdorong atas kejengkelannya Ki Gusti Ngurah
Agung, yang begitu iri hati ke hadapan Ki Gusti Ngurah Jarantik, oleh karena
demikian keadaannya, beliau Ki Gusti Ngurah Panji Sakti segera, pergi ke daerah
Jarantik, didapatkan orang-orang yang berada dalam istana sangat sedih dalam
hati, terutama Ki Gusti Ngurah Jarantik, menceriterakan kesusahannya, setelah
selesai daya upayanya, akhirnya mereka serempak pergi dari daerah Jarantik,
mencari tempat menuju ke desa Tojan daerah Bala Batuh, atas perintah Ki Gusti
Ngurah Panji Sakti, selanjutnya beliau mengantarkan, lalu beristirahat di
daerah utara desa Beng Gianyar, ada tanaman-tanaman penduduk di sana berupa
kacang tanah, dimakan oleh gajah tunggangan beliau Ki Gusti Ngurah Panji Sakti,
karenanya ada wilayah yang bernama Kacang Bedol, sampai sekarang, oleh karena
gajah tunggangan beliau memakan kacang yang ada di sana, tidak diceritakan
perjalanan beliau yang mengungsi, lalu tiba di daerah Tojan, dijemput oleh Ki
Bendesa Wayan Karang, yang menguasai daerah Tojan, selanjutnya beliau membangun
istana, tunggangan beliau Ki Gusti Ngurah Panji Sakti, digembalakan di daerah
bagian barat laut daerah Tojan, itulah sebabnya bernama daerah Angon Liman,
Bangun Liman nama lainnya sampai sekarang, dan di bagian timurnya ada semak
belukar, tempat beliau Panji Sakti berburu, dinamakan Buruwan sampai sekarang.
Entah berapa lama beliau Ki Gusti Ngurah Panji Sakti berada
di Tojan, oleh karena sudah handal kedudukan Ki Gusti Ngurah Jarantik, bukan
main senangnya beliau berdua dalam hubungan keluarga, sama-sama memperingatkan
perjanjian, sehingga tidak luntur rasa cinta kasih dan keteguhan ikatan
kekeluargaannya, serta keturunannya, suatu kedudukan untuk cucunya kemudian,
sesudah sama-sama menyepakati ikrar itu, Ki Gusti Ngurah Panji Sakti,
menunjukkan kebesarannya, lalu menghadiahkan tombak Ki Pangkajatatwa, kepada
cucunya Ki Gusti Ngurah Jarantik, sebagai pemberian resmi kepada cucu,
tujuannya sebagai tanda sampai di kemudian hari, setelah beliau selesai
memberikan wejangan kepada anak cucunya tentang ajaran Kamahayanikan, serta
tata cara memimpin wilayah, lalu beliau kembali pulang ke Den Gunung, demikian
ceritanya.
Entah berapa lamanya, oleh karena sudah kehendakNya,
terjadilah kehancuran di daerah Gelgel, ketika itu Sri Dalem Dewa Agung Jambe
masih kecil, oleh karena sifat loba dan durhakanya Kyayi Agung Maruti,
mengharap-harapkan akan menggantikan raja Gelgel, serta sudah banyak para
menteri dan rakyat yang senang menghamba kepadanya ( Kyayi Agung Maruti ), oleh
karena kelicikan Kyayi Agung, merangkul semua orang, perkataannya sangat manis,
dan lembut, akan tetapi banyak juga para Arya kesatria bujangga, tidak
menyenangi tingkah laku Kyayi Agung, menyebabkan pikiran orang menjadi
berbeda-beda, sama-sama mencari pemimpinnya yang disenangi sendiri-sendiri,
sehingga terjadi keributan di wilayah Gelgel, Sri Dalem Cili, dilarikan oleh
para menterinya, dibawa bersembunyi ke Singharsa, disangga selengkapnya oleh
beliau Ngurah Singarsa, berkat baktinya bertuan.
Tidak lama kemudian, terjadilah persidangan para punggawa
agung, yang masih tetap setia kepada Dalem, sebagai pemimpin beliau Ngurah
Singharsa, setelah selesai memberikan surat kepada para manca semua, sampai ke
Ler Gunung serta ke daerah Badung, semua menyetujui dan satu tujuan dengan
Ngurah Singharsa, hendak menghancurkan Kyayi Agung Maruti, setelah mufakat
sama-sama berangkat dari daerahnya masing-masing, seperti Ki Gusti Ngurah Panji
Sakti sudah berangkat, lengkap dengan segala macam senjata, tak terhingga
banyaknya, memenuhi jalan dengan riuhnya, bermarkas di desa Panasan sebelah
barat Toya Jinah, oleh karena sangat kesusahan masyarakat di sana, oleh senjata
dari Ler Gunung, oleh karenanya disebut Desa Panasan sampai sekarang, kemudian
bertemu dengan prajurit Kyayi Agung dari Gelgel, sebagai senapati Ki Dukut
Kerta, dihadapi oleh Ki Tamlang, patih beliau Ki Gusti Ngurah Panji Sakti, luar
biasa ramai pertempuran itu, saling sergap, kemudian kalah pertahanan Ki Padang
Kerta, dadanya tertikam, kepalanya dipenggal, matilah Ki Padang Kerta, oleh Ki
Tamlang, kacau balau prajurit Ki Gusti Agung Maruti menjadi bubar, tak mampu bertahan,
sehingga Ki Gusti Agung terpengaruh, ikut lari, melarikan diri dari
pertempuran, seraya dikejar oleh prajurit dari Ler Gunung, seperti Ki Gusti
Ngurah Panji Sakti, dengan mengacungkan keris yang terbuat dari baja, bergagang
kayu pelet berbentuk babodolan, yang sudah dihunus dari sarungnya, seberapa
jauhnya Ki Gusti Agung Maruti lari, terus juga dikejar, lalu dibanjiri kanan
kiri oleh prajurit dari Ler Adri, sehingga beliau ibarat anjing terpukul, oleh
karena tidak ada jalan, sehingga beliau berbalik bersama prajuritnya,
keinginannya untuk sekaligus dengan bertempur habis-habisan, mencari jalan Ki
Gusti Ngurah Panji Sakti yang ditujunya, beliau Ki Gusti Ngurah Panji Sakti
penguasa dari Ler Adri sangat hati-hati, keinginannya untuk menandingi dalam pertempuran,
ketika bersikap akan berbuat, kemudian tangkai keris itu pecah menjadi dua,
tangkai keris yang berbentuk babodolan, rusak pukuh kerisnya, sehingga Ki Gusti
Ngurah Panji Sakti kaget terhenti, selanjutnya mengganti senjata, mengambil
keris pusaka Ki Semang, saat itu Ki Gusti Agung Maruti dapat kesempatan
menghindar bersama prajuritnya, haripun menjelang malam, maka tidak dapat
dikejar oleh Ki Gusti Panji Sakti, selanjutnya menuju Gelgel, di sana beliau
mengutarakan sumpahnya, semua keturunannya sampai kemudian hari, tidak boleh
mempergunakan senjata yang berkepala/berbentuk babodolan, oleh karena sangat
tidak berguna, demikian ceritanya.
Entah berapa lamanya, pemerintahan Sri Panji Sakti, beliau
tetap tinggal di istana Sukasada, beliau menurunkan banyak putra serta cucu,
tidak ada yang berani menentang perintah beliau raja, Semuanya diam tunduk dan
setia, masing-masing melakukan kegiatannya, dan entah berapa lamanya, setelah
tiba ajalnya, akhirnya beliau Ki Gusti Ngurah Panji moksah, menuju alam Nirwana,
meninggalkan sanak keluarga, meninggalkan banyak putra laki perempuan,
masing-masing namanya, yang tertua Ki Gusti Ngurah Panji Gede, yang berhasil
menggantikan menjadi raja Den Bukit, beliau tinggal di istana Sukasada, adiknya
bernama Ki Gusti Ngurah Panji Made, satu ibu lahir dari I Dewa Ayu Juruh.
I Gusti Alit Oka, I Gusti Made Padang, satu ibu lahir dari
golongan Wesya yang berasal dari Banjar Ambengan Badung. Beliau I Gusti Made
Padang, mengambil istri I Gusti Luh Abyan Tubuh, anak Ki Gusti Sakti, raja
Tabanan.
Ki Gusti Wayan Padang, Ki Gusti Made Banjar, satu ibu
berasal dari desa Panji. Dan lagi I Gusti Ayu Panji, beribu Ki Gusti Ayu Rai,
putri raja dari Mangwi, dipakai istri oleh Ki Gusti Anom dari Kapal Mangwi.
I Gusti Ngurah Panji Cede, mempunyai seorang putri, bernama
I Gusti Ayu Jelantik Rawit, I Gusti Ngurah Panji Made, berputra I Gusti Ngurah
Panji Bali, beristri I Gusti Ayu Jelantik Rawit, I Gusti Panji Tahimuk, I Gusti
Made Munggu, I Gusti Nyoman Panji, I Gusti Oka paling kecil.
I Gusti Alit Oka, mempunyai seorang putri, bernama I Gusti
Ayu Nambangan Mas, nama lain beliau I Gusti Ayu Den Bukit, dipakai istri oleh
beliau Dalem Dewa Agung Made, yang berhasil melahirkan Dewa Agung Panji beserta
keturunannya.
I Gusti Made Padang berputra Ki Gusti Gede Jelantik, beliau
pindah ke Jineng Dalem. I Gusti Wayan Padang, berputra Ki Gusti Lanang
Jelantik, I Gusti Panji Dalugdag. I Gusti Made Banjar, berputra tiga laki-laki,
Semuanya ikut mengiringkan Ki Gusti Ayu Nambangan Mas Den Bukit, ke Klungkung.
I Gusti Ayu Panji, kawin ke Mangwi daerah wilayah Kapal.
Sesudah sama-sama pergi ke alam baka, seperti Ki Gusti
Ngurah Panji Gede, beserta Ki Gusti Ngurah Panji Made, lalu digantikan oleh Ki
Gusti Ngurah Panji Bali, menjadi raja di daerah Den Bukit, selanjutnya beliau
beristana di Sukasada, akan tetapi istana di Singaraja dipelihara sebagai
tempat bersenang-senang, karena dibuat oleh leluhurnya, supaya tidak hilang dan
hancur, tetap handal selama pemerintahan beliau, tidak ada yang berani berbuat
durhaka.
Ada putranya Ki Gusti Ngurah Panji Bali, dua orang laki-laki
berlainan ibu, yang tertua bernama Ki Gusti Ngurah Panji, beliau sebagai raja
di istana Sukasada. Adiknya, bernama Ki Gusti Ngurah Jelantik, beliau yang
menjadi raja di Singaraja, oleh karena sudah dibagi daerah Lor Adri oleh dua
bersaudara itu, sama-sama lahir dari permaisuri.
Adapun I Gusti Made Munggu, berputra Ki Gusti Wayan Panji.
Ki Gusti Wayan Gulyang, sama-sama berada di Singaraja, I Gusti Made Ksatra, I
Gusti Made Ino, serta I Gusti Ketut Intaran Kawan, yang pergi ke Patemon, dan
lagi I Gusti Nyoman Patandakan, yang pergi ke Bon Tihing. I Gusti Nyoman Panji,
berputra I Gusti Wayan Ksatra; I Gusti Made Ino, dan I Gusti Ketut Intaran
Kawan, sama-sama di Sukasada. I Gusti Oka, beliau tidak berputra. Adapun Ki
Gusti Gede Jelantik, beliau mempunyai dua orang putri, bernama I Gusti Ayu Raka
yang tertua, dipakai istri oleh beliau yang berkuasa di Sukasada, dan yang
kedua, I Gusti Ayu Rai, dipakai istri oleh beliau yang berkuasa di Singaraja.
Adapun tiga orang yang mengikuti I Gusti Ayu Nambangan Mas, di Klungkung,
pindahnya dari Banyuning, mereka menetap tinggal di Banjar Lebah Klungkung,
mereka menurunkan banyak keturunan di sana, tunduk setia kepada beliau yang
diikutinya. Ki Gusti Lanang Jelantik, berputra Ki Gusti Alit Ksatra. Ki Gusti
Panji Dalugdag, berputra Ki Gusti Bagus Panji Celuk, beserta saudaranya di
Banyuning. Demikian beliau pergi mencari tempat tinggal, sebab rakyatnya
sama-sama bakti menghamba.
Lama-kelamaan, sebagai manusia yang tidak luput dari
kesulitan dan penyakit, tak terduga takdir Yang Maha Kuasa, terjadilah
perselisihan di dalam keluarga, yang berkuasa di Sukasada, dengan yang berkuasa
di Singaraja, semakin lama semakin keras bentrok mereka, tidak ada yang berani
menghalanginya, sebab sama-sama sangat mempercayai fitnah, sehingga yang
berkuasa di Singaraja, meminta bantuan kepada Ki Gusti Ngurah Ketut Karangasem,
Raja di Amlapura, sebagai pengatur siasat I Gusti Nengah Sibetan Wiweka,
sebagai penguasa desa Selat, apa yang dikatakan, Raja di Singaraja Ki Gusti
Ngurah Jelantik, membuat perjanjian imbalan terlebih dahulu, jika sudah
mencapai tujuan, menyebabkan tunduk kakaknya, yang berkuasa di Sukasada,
bersedia akan membagi pajak bumi Den Gunung, sama-sama memimpin bumi Buleleng,
sebagai pemimpin hanya Ki Gusti Ngurah Jelantik, sebagai lambang adapun Sri
Bupati dari Amlapura sebagai raja muda (iwaraja), sebagai pemimpin taktik dan
strategi pemerintahan (makocering niti), maka perjanjiannya disetujui oleh
beliau yang memimpin Karangamla, segera berkemas prajurit itu lengkap dengan
senjata, lengkap dengan segala perlengkapan, seluruh pasukan Karangasem, siap
untuk berangkat ke Den Gunung, menuju kota Singaraja.
Tidak lama kemudian, didengar oleh kakaknya, jika adiknya
meminta bantuan dari Karangasem, telah semua prajuritnya sampai di sana, luar
biasa marahnya kepada adiknya, sehingga semua prajuritnya dipanggil
dikumpulkan, disertai dengan senjata yang bertubi-tubi tan putus-putusnya,
dengan maksud mendahului menyerang kota Singaraja, para prajurit menyebar
menyerbu riuh rendah, hal itu diketahui oleh beliau penguasa Singaraja,
sehingga sama-sama bersiaga, kemudian terjadilah perang, antara kedua istana
itu, menjadi medan perang, setelah kedua belah pihak sama-sama melakukan pertempuran,
saling berguguran. dorong mendorong, tikam-menikam, saling tombak, adapun
sebagai pimpinan I Gusti Ngurah Jelantik, sehingga prajurit Sukasada menjadi
terdesak, oleh karena kebanyakan musuh, dengan dibanjiri keberanian, tiba-tiba
sama-sama melarikan diri bubar serta mundur, ada yang dirasakan dalam hati,
akan hal kematiannya hampir tiba, itulah sebabnya Ki Gusti Ngurah Panji menjadi
marah, menerobos ke tengah-tengah medan laga, ke depan dengan membawa keris
pusaka Ki Semang, mengamuk dengan sangat hebatnya, banyak musuh beliau yang
terbunuh, oleh karena kebanyakan lawan, sama-sama tidak hendak mundur, akhirnya
kedua belah pihak Karangasem dan Singaraja berkumpul, menyerang mengurung,
sehingga Ki Gusti Ngurah Panji dapat dikerubut, diusahakan merebut kerisnya,
sehingga dapat diambil oleh musuhnya, akhirnya setelah lepas senjatanya beliau
pun ditikam, darah beliau memancur, sehingga gugurlah beliau yang beristana di
Sukasada, prajurit beliau semuanya tunduk memohon perlindungan, akhirnya semua
prajurit Ler Gunung berkumpul menghamba kepada Ki Gusti Ngurah Jelantik,
sebagai pemimpin daerah Den Bukit, beristana di Singaraja, sebagai raja muda
beliau yang bergelar I Gusti Nyoman Karangasem, keturunan Arya Patandakan,
sama-sama beristana di Singaraja, yang pindah dari Karangasem, atas perintah
beliau Ki Gusti Ngurah Ketut Karangasem.
Lama-kelamaan, setelah tiba ajalnya, beliau I Gusti Ngurah
Jelantik wafat, namun karena liciknya daya upaya beliau raja Amlapura, akhirnya
tersebar pula diketahui oleh rakyat, timbul pikiran loba dan tamak pada kawan,
dengan mengandalkan kekuatan senjata dan rakyat, serta kereta perang dan
perbekalan, di balik isi perundingan dulu, I Gusti Nyoman Karangasem dinobatkan
menjadi raja Singaraja.
Adapun anak beliau I Gusti Ngurah Jarantik, yang tertua
bernama Ki Gusti Bagus Jelantik Banjar, berkedudukan sebagai patih di istana
Bangkang, di bagian barat We Mala.
Tak lama kemudian, Ki Gusti Nyoman Karangasem, memerintah
sebagai raja wilayah Den Bukit, beliau meninggal karena diserang oleh penyakit,
kemudian digantikan oleh Ki Gusti Agung Made Karangasem Sori, keturunan Karangasem,
lebih kurang selama tiga tahun lamanya beliau berkuasa, beliau turun dari
singgasana, oleh karena beliau tidak tegas memerintah rakyat, sehingga beliau memilih
muka, tidak adil kepada rakyat.
Adapun yang menggantikan beliau, bergelar Ki Gusti Ngurah
Agung, mulanya juga dari Karangasem, sejak lama mengembara di Jembrana,
sehingga beliau meninggal di Pangambengan Jambrana, diserang oleh prajurit
penuh dengan senjata, oleh karena rakyat Jambrana tidak setuju menghamba kepada
beliau.
Kembali diceritakan, Ki Gusti Ngurah Panji, raja di
Sukasada, yang meninggal di medan pertempuran dahulu, karenanya ada bernama
desa Baratan, sampai sekarang, adalah bekas dua orang saudara bertempur, yang
meninggal dalam pertempuran, meninggalkan putra, bernama Ki Gusti Ketut Panji,
yang kalah dalam pertempuran dan masih hidup, selanjutnya beristana di
Sukasada.
Adapun yang menang dalam pertempuran, mempunyai putra
bernama Ki Gusti Bagus Jlantik Banjar, beliau berkedudukan sebagai patih di
istana Bangkang, ketiganya sama-sama meninggal karena tanah longsor, pada Isaka
1737 (1815 M), sebab lumpur dari gunung mengalir melaju ke wilayah Sukasada
serta Bangkang, banyak rakyat yang meninggal terbenam oleh lumpur itu.
Ada adik beliau Ki Gusti Bagus Jlantik Banjar, bernama Ki
Gusti Ketut Jlantik, tidak meninggal oleh banjir lumpur itu, sebab beliau sudah
pindah ke daerah Kubutambahan, serta adiknya yang bernama Ki Gusti Made
Jlantik, mengungsi desa Pereyan Tabanan, beliau meninggal di sana, adapun yang
bungsu bernama Ki Gusti Ketut Panji, beliau masih tetap tinggal di Singaraja.
Adapun anaknya Ki Gusti Wayan Ksatra, yang bernama Ki Gusti
Wayan Panji, Ki Gusti Wayan Panebel, serta Ki Gusti Nyoman Panarungan,
sama-sama masih di Sukasada, Semuanya meninggal terbenam dalam lumpur pada
tahun Isaka 1737 (1815 M).
Adapun Ki Gusti Ayu Den Bukit, yang diambil sebagai istri
oleh beliau Dalem Smarapura, berputra Dewa Agung Panji, beliau yang menurunkan
Cokorda Agung Mangwi, beserta Dewa Agung Putu di daerah Getakan, serta Cokorda
Mayun Giri, di daerah Nyalian.
Adapun sanak saudaranya, beliau Ki Gusti Ayu Den Gunung,
yang mengikuti beliau di Klungkung dahulu, yang paling tua menurunkan mereka
yang berada di Gunung Rata, adiknya berputra yang menurunkan mereka yang berada
di Sampyang Gianyar, sedangkan yang paling kecil berputra yang berada di daerah
Lebah Klungkung.
Kembali diceritakan, Ki Gusti Ketut Panji, berputra Ki Gusti
Gede Panji, Ki Gusti Made Clagi, serta Ki Gusti Nyoman Pinatih, sama-sama
berada di Sukasada. Ki Gusti Bagus Jlantik Banjar, berputra Ki Gusti Bagus
Suwi, serta Ki Gusti Made Akeh, sama-sama berada di Bangkang.
Adapun Ki Gusti Made Panji Muna, berputra Ki Gusti Bagus
Jlantik Kalyanget. Ki Gusti Ketut Jlantik, berputra Ki Gusti Wayan Ksatra,
berada di Kubutambahan, adiknya Ki Gusti Made Jlantik, berada di Panarukan.
Adapun Ki Gusti Made Jlantik, yang meninggal di Pereyan,
berputra Ki Gusti Wayan Jlantik, berada di Sasak. Sedangkan Ki Gusti Ketut
Panji di Singaraja., sama-sama berada di Singaraja.
Ada saudara beliau pergi ke Patemon, serta ke Bon Tihing,
dan ke Depaha. Adapun Ki Gusti Wayan Panji, Ki Gusti Wayan Panebel, dan Ki
Gusti Nyoman Panarungan, sama-sama menurunkan keluarga, selanjutnya dari
Sukasada pindah ke Singaraja.
Diceritakan Ki Gusti Gede Panji, berputra Ki Gusti Putu
Panji, Ki Gusti Made Kari, dan Ki Gusti Ketut Panji, sama-sama berada di
Sukasada. Ki Gusti Made Celagi beliau banyak menurunkan putra. Ki Gusti Nyoman
Pinatih, mempunyai seorang putri bernama I Gusti Ayu Rai, serta saudara
laki-lakinya. Ki Gusti Bagus Suwi, di Bangkang, mempunyai seorang putri Ki
Gusti Ayu Made Ayu, beserta saudara laki-laki. Ki Gusti Made Akeh, di Bangkang,
berputra I Gusti Nyoman Panji, I Gusti Ketut Jlantik Sangket, beserta
saudaranya di Bangkang. Ki Gusti Bagus Jlantik Kalyanget, pindah dari Tukad
Mungga, putra beliau Ki Gusti Bagus Jlantik Batupulu, adiknya Ki Gusti Made
Batan, sama-sama di Tukad Mungga. Adapun Ki Gusti Wayan Ksatra di Kubutambahan,
berputra I Gusti Putu Kari, Ki Gusti Putu Kebon nama lainnya, ada adiknya
seorang wanita bernama Ki Gusti Ayu Made Batan.
Adapun Ki Gusti Made Jlantik, di Panarukan, berputra Ki
Gusti Ayu Putu Puji, Ki Gusti Ayu Jlantik, Ki Gusti Ayu Rai, dan Ki Gusti Ayu
Putu Intaran Rudi. Selanjutnya I Gusti Wayan Jlantik yang berada di Sasak,
berputra Ki Gusti Made Jlantik Jwala, serta Ki Gusti Ketut Jlantik Jwali.
Adapun Ki Gusti Bagus Ksatra, di Singaraja, berputra Ki Gusti Bagus Rai, serta
saudaranya, tidak diceritakan selanjutnya.
Kembali diceritakan. setelah beliau Ki Gusti Ngurah yang
wafat di Pangambengan, beliau digantikan, oleh yang bernama Ki Gusti Agung
Pahang, pada saat Isaka 1751 (1829 M), beliau memindahkan istana Singaraja, ke
sebelah barat jalan, entah berapa lamanya menjadi raja, terdorong oleh karena
sudah kehendakNya, akhirnya keluar sifat angkara beliau, diduga tidak ada
menandingi kewibawaannya, bertingkah laku tidak senonoh, sehingga melanggar
tata susila yang sudah ada, gamya-gamana, serta berselingkuh dengan saudara
perempuan beliau, hal itu diketahui oleh para menterinya, serta rakyatnya
semua, akan tetapi Semuanya memendam dalam hati, tidak ada yang berani membuka
mulut, akan kejahatan tuannya, akan tetapi semua sudah kentara bahwa semua
mengetahui namun pura-pura tidak tahu, sehingga beliau Ki Gusti Ngurah Pahang
menjadi was-was, mengira bukan mustahil rakyatnya semua akan menentang
kekuasaannya, tetapi tetap niatnya berbuat ganas pada rakyatnya, terhadap
tindak-tanduknya, belum pantas dihukum mati, dibunuhnya juga selalu memegang
pentungan, tidak sedikit menyakiti rakyatnya, karena curiga pada diri atas
perilakunya yang tidak senonoh. Kira-kira tiga tahun lamanya beliau menjadi
raja, ada para arya bernama Ki Gusti Bagus Ksatra dari Singaraja, saudara
beliau Ki Gusti Made Singaraja, anak beliau Ki Gusti Ketut Panji, beliau Ki
Gusti Bagus Ksatra, disuruh membunuh oleh Ki Gusti Agung Pahang, sebab
memberikan hidangan ikan udang kepada beliau, disangka oleh beliau raja, akan
menjadi sebab berhenti menjadi raja Den Bukit, ada pula yang bernama Wayan
Rumyani, Pan Apus nama lainnya, ia rakyat yang dipercayai menjadi perbekel,
ikut juga dibunuhnya, oleh karena kelihatan sebagai raja gila, disangkanya
jelas akan mencelakakan.
Selanjutnya jenazah Ki Gusti Bagus Ksatra, ditambatkan di
lapangan, telinganya kiri-kanan diberi bunga kembang sepatu merah, mayatnya
menjadi tontonan orang banyak, dan adiknya Ki Gusti Made Singaraja, menghadap
raja, memohon belas kasihan, memohon jenazah kakaknya, ternyata tidak diijinkan
oleh beliau raja, setelah sore hari, barulah mayatnya diserahkan kepada sanak
saudaranya.
Oleh karena demikian keadaannya, luar biasa marahnya Ki
Gusti Made Singaraja, beserta sanak keluarganya semua, semua keturunan
pemberani Sri Panji Sakti, lalu bersama-sama mengadakan perundingan, setelah
memperoleh keputusan, memaksa menerobos masuk istana.
Pada saat hari baik, beliau raja Pahang mengadakan keramaian
di istana, mengadakan pertunjukan wayang kulit, adapun sebagai Dalangnya bernama
Ki Gulyang, dari desa Banjar, itulah kesempatan para arya semuanya, bermaksud
ikut mengamuk di istana, sudah siap dengan senjata, hanya menunggu keluarnya
beliau sang raja, menonton, sampai tengah malam, juga Ki Gusti Agung Pahang
belum keluar, menonton wayang, adapun Ki Dalang Gulyang sedang memainkan perang
wayang, akhirnya semua para arya kepayahan menunggu, akhirnya mereka menyebar
mengacau, mengamuk orang-orang yang menonton wayang, ada yang menikam ke arah
Dalang yang sedang memainkan wayang, layarnyapun robek, adapun sang dalang saat
itu sedang memegang wayang Bima, serta wayang Tuwalen, serta membawa Capala,
oleh karena kagetnya, lalu segeralah ia melompat mencari perlindungan, membawa
wayang Bima dan Tuwalen, beserta capalanya.
Tidak diceritakan banyaknya yang mati dan terluka di tempat
orang menonton, kacau balau, mencari perlindungan, sehingga hiruk-pikuk
mondar-mandir, di halaman kedua istana, disambut dengan suara kentongan
bertalu-talu, luar biasa riuhnya orang-orang, seisi istana, sama-sama keluar
dengan membawa senjata, sama-sama menunggu di jalan raya, sebab tidak ada yang
berani masuk ke istana, oleh karena sangat gelapnya.
Diceritakan ada yang bernama Ketut Karang, sebagai kepala
penjaga istana, bertempat tinggal di Panataran, ia berbicara, mengingatkan Ki
Gusti Made Singaraja, beserta pengikutnya, menyuruh untuk kembali pulang, sebab
beliau raja sudah pergi mengungsi meninggalkan istana, tidak akan berhasil jika
langsung masuk ke dalam istana, mungkin tujuannya akan menemui bahaya, demikian
cegahan Ketut Karang, lalu mereka yang menyerang kembali pulang semuanya,
menuju rumahnya masing-masing.
Keesokan harinya, Ki Gusti Agung Pahang, dihadapkan dalam
persidangan, dihadapkan oleh semua para manca, akan tetapi para arya Den Bukit
tidak ikut, melakukan persidangan, tentang pemberontakan para arya Buleleng,
durhaka mengamuk dalam istana, setelah kesepakatan raja selesai, sesudah
disepakati oleh para arya keturunan Karangasem, bahwa akan membunuh semua para
arya Buleleng, laki perempuan, tua muda, supaya tidak ada tersisa, sebab sangat
besar dosanya terhadap sang raja, setelah demikian keadaannya, tidak menunggu
sehari, seketika mendadak dikerahkan para prajuritnya lengkap dengan senjata,
disuruh untuk menghancurkan para arya yang ada di Ler Adri, ternyata lamban
tindakan para arya itu kurang cepat mengelak, sehingga hancur beserta dengan
anak-anaknya (arare cili), oleh karena angkatan bersenjatanya sangat hebat jitu
melaksanakan perintah sang raja, itu sebabnya berpuluh bahkan sampai ratusan
mereka yang dapat ditikam dengan keris, serta tombak, segala yang mengakibatkan
kematian, bagaikan bergunung mayat dan berlautan darah kenyataannya, demikian
diceritakan.
Kenyataannya, sebab kehendakNya tidak dapat dilawan, untuk
menciptakan kebesaran keturunan beliau Ki Gusti Ngurah Panji, walaupun beberapa
banyaknya prajurit beliau, memporak-porandakan para arya Den Bukit, tetapi
didorong oleh kekuatan suci beliau yang sudah mendahuluinya ( wafat), mereka
tak mungkin sampai habis dihancurkan, ada juga yang tersisa, yang berhasil
menurunkan keturunan sampai sekarang, bagaikan dilindungi oleh dewata
persembunyiannya, sehingga terlepas dari kematian, siapakah itu yang masih
hidup?, demikian kira-kira pertanyaannya, di antaranya, Ki Gusti Made Kari, Ki Gusti
Ketut Panji, sama-sama ada di Sukasada, beliau sama-sama pindah ke wilayah Desa
Kapal Mangwi, beliau yang menurunkan keturunan di Sukasada sampai sekarang.
Adapun Ki Gusti Nyoman Panji, beserta saudaranya Ki Gusti Ketut Jlantik
Sangket, sama-sama pergi menyelinap di hutan-hutan wilayah desa Panji, beliau
yang menurunkan para arya di istana Bangkang sampai sekarang.
Adapun Ki Gusti Bagus Ketut Jlantik Batupulu, serta adiknya
Ki Gusti Made Batan, sama-sama mengungsi menuju wilayah desa Soka Tabanan, beliau
yang menurunkan sanak keluarga para arya Tukad Mungga, sampai sekarang.
Selanjutnya Ki Gusti Putu Kebon, Ki Gusti Putu Kari nama
lain beliau, pergi ke desa Pakisan, dan berhasil menurunkan yang di istana
Kubutambahan. Adapun Ki Gusti Ketut Jlantik Jwali, menurunkan keturunan di
Karang Buleleng Sasak sampai sekarang.
Pendeknya, apa sebab sama-sama masih hidup, karena ditolong
oleh rakyatnya masing-masing, yang masih bakti menghamba, berusaha
menyelamatkan diri.
Kembali diceritakan, tidak menyimpang akan titah Nya,
perbuatan semasa hidup didorong oleh perbuatannya dahulu, sebabnya Ki Gusti
Ngurah Pahang, semakin bertambah angkara murkanya, bagaikan malapetaka
dari-Nya, segera semakin diketahui oleh rakyatnya semua, perbuatannya
gamya-gamana dengan adik, menyebabkan panas pada saat musim hujan, hasil panen
tidak berhasil, kebutuhan sehari-hari jarang, negara menjadi terpecah, sehingga
orang-orang menjadi ribut, bertengkar berperang dengan sanak keluarga,
sama-sama tidak tertahankan oleh para manca serta semua rakyat, selanjutnya Ki
Gusti Agung Pahang dikepung oleh rakyat bersenjata, akhirnya lari ke wilayah Karangasem,
setibanya beliau di sana, akhirnya beliau dibunuh oleh rakyat Karangasem.
Digantikan oleh beliau yang bernama Ki Gusti Ngurah Made,
yang menggantikan kedudukan raja Buleleng, beliau juga keturunan Karangasem,
dibantu oleh beliau yang bernama Ki Gusti Ketut Jlantik Gingsir, kedudukannya
sebagai patih, diberi mandat memerintah negara Buleleng, keberanian beliau Ki
Gusti Patih terkenal ke mana-mana sampai ke pelosok Pulau Bali, sebab beliau
mengalahkan desa-desa yang ada di wilayah pegunungan Bangli, seperti Payangan,
sangat luar biasa pujian rakyat, akan keberanian beliau menggempur musuhnya
yang sakti.
Entah berapa tahun lamanya, tiba-tiba ada perbedaan pendapat
Ki Gusti Patih Ketut Jlantik, berselisih dengan pemerintahan Belanda,
menyebabkan terjadinya permusuhan, perangpun terjadi sangat hebat, antara
Belanda dengan rakyat Bali, lamanya perang hingga tiga tahun, akhirnya rakyat
Den Bukit mengalami kekalahan, oleh pemerintahan Belanda, pada Isaka 1768 (1846
M), adapun raja Ngurah Made, serta Ki Gusti Ketut Jlantik, disertai
prajuritnya, lari pergi menuju wilayah Karangasem.
Setelah demikian, tidak ada lagi keturunan raja Karangasem
yang memerintah di Buleleng, dan pemerintahan Belanda yang berhasil menang di
Buleleng, untuk menjalankan pemerintahan, kembali mengangkat raja, memilih raja
keturunan Den Bukit seperti dulu kala, setelah pembicaraan selesai, disetujui
oleh para manca dan punggawa semua, diusahakan mencari yang benar-benar
keturunan para arya, keturunan Sri Panji Sakti dahulu, yang memerintah di Den
Gunung, sebab dipilih oleh semua orang yang menginginkan, sehingga dinobatkan
bergelar Ki Gusti Made Rai di Sukasada, menjadi penguasa Den Bukit, beliau
adalah putra dari Ki Gusti Made Kari, yang pergi ke daerah Kapal Mangwi, pada
saat diserang oleh Ki Gusti Agung Pahang dahulu.
Ada saudara tertua beliau Ki Gusti Made Rai seorang wanita,
bernama Ki Gusti Ayu Pakisan, adiknya bernama Ki Gusti Ayu Rai, yang laki
bernama Ki Gusti Made Panji, serta Ki Gusti Nyoman Panarungan.
Adapun adik beliau Ki Gusti Made Kari, yang bernama Ki Gusti
Ketut Panji, beliau berputra Ki Gusti Ayu Griya, Ki Gusti Agung, serta Ki Gusti
Ayu Bulan, sama-sama berada di Sukasada.
Adapun Ki Gusti Nyoman Panji, yang pergi menuju desa Alas
Panji, berputra Ki Gusti Ayu Sekar, Ki Gusti Made Banjar, Ki Gusti Nyoman
Banjar, serta Ki Gusti Ketut Tangkeban.
Adapun adik beliau Ki Gusti Nyoman Panji, yang bernama Ki
Gusti Ketut Jlantik Sangket berputra Ki Gusti Wayan Jlantik, Ki Gusti Nyoman
Oka, Ki Gusti Ketut Rai serta yang lain ibu dengan Ki Gusti Ayu Kompyang Panji,
Ki Gusti Ayu Nyoman Rai, Ki Gusti Ketut Ksatra, Ki Gusti Ketut Banjar, serta Ki
Gusti Ayu Kaler, sama-sama kembali ke Bangkang.
Adapun Ki Gusti Bagus Jlantik Batupulu, yang pergi ke desa
pegunungan di daerah Soka Tabanan, berputra Ki Gusti Putu Panji, Ki Gusti Ayu
Mas, Ki Gusti Ketut Ksatra, serta Ki Gusti Ketut Jlantik, semua kembali ke
wilayah Desa Tukad Mungga.
Juga adik beliau yang bernama Ki Gusti Made Batan, berputra
Ki Gusti Putu Batan, Ki Gusti Ayu Made Taman, Ki Gusti Nyoman Jlantik, Ki Gusti
Ketut Kaler, Ki Gusti Ayu Rai, Ki Gusti Ayu Panji, Ki Gusti Bagus Jlantik, Ki
Gusti Made Karang, Ki Gusti Ketut Banjar, serta Ki Gusti Ayu Nyoman Soka nama
beliau, sebab lahir di desa Soka, pada saat mengungsi dahulu, itu Semuanya lalu
bertempat tinggal di Tukad Mungga. Selanjutnya membangun tempat pemujaan di
rumahnya di Tukad Mungga, meniru yang ada di istana Bangkang.
Adapun Ki Gusti Putu Kari, Putu Kebon nama lain beliau, yang
pergi ke Desa Pakisan, beliau berputra Ki Gusti Bagus Panji Cuwag, Ki Gusti
Ketut Kaler, Ki Gusti Ketut Jlantik, serta Ki Gusti Ayu Putu, Semuanya kembali
ke Kubutambahan.
Juga beliau Ki Gusti Ketut Jlantik Jwali, berputra Ki Gusti
Bagus Jlantik, Ki Gusti Made Rai, serta Ki Gusti Nyoman Jlantik, sama-sama
bertempat tinggal di Sasak.
Yang lainnya, ketika diserang oleh beliau Ki Gusti Agung
Pahang, dahulu, oleh karena para Arya Buleleng sama-sama mencari keselamatannya
masing-masing, ada para arya yang berbudi ingkar lupa akan leluhurnya, tidak
mengetahui asal-usulnya, menuruti jalan hidupnya, sehingga tinggal di rumah
orang yang beragama Islam di pesisir Singaraja, yang sudah jelas tidak setia
pada agamanya, menjadi beragama Islam, ada keturunannya sampai sekarang,
setelah bercampur dengan orang-orang yang beragama Islam.
Entah beberapa lamanya, lebih kurang tiga tahun lamanya, Ki
Gusti Made Rai menjadi raja Buleleng, akhirnya beliau turun dari singgasana,
oleh karena tidak menghiraukan rakyat, didorong oleh nafsu, tenggelam dalam
sabungan ayam, tidak ingat akan kewajibannya sebagai raja, beberapa bulan
meninggalkan istana, tinggal diam di desa Panji, diiring oleh para penjudi,
sangat keras mengikuti keinginan berjudi.
Setelah mendapat kata sepakat oleh pemerintahan Belanda,
dibantu oleh para menteri, punggawa semuanya, sehingga dipilih beliau Ki Gusti
Ketut Jlantik di Kubutambahan, putra beliau I Gusti Putu Kari, dinobatkan
menjadi raja di Buleleng, sebab beliau memang benar-benar keturunan Sri Agung
Panji Sakti, keturunan keempat dari Ki Gusti Agung Rai.
Kemudian dari hasil keputusan pemerintahan Belanda, pindah
dari Kubutambahan beristana di Singaraja, bergelar Ki Gusti Nglurah Ketut
Jlantik, dibantu oleh ayah beliau Ki Gusti Putu Kari, berkedudukan sebagai
punggawa di Kubutambahan.
Adapun ipar baginda raja, bernama Ki Gusti Putu Batan, raja
muda dengan jabatan sedahan agung kedudukan beliau, dan Ki Gusti Bagus Jlantik,
patih kedudukan beliau, semula berkedudukan di Tukad Mungga, selanjutnya pindah
ke Singaraja, Puri Kanginan, lain dari itu, masih berada di Tukad Mungga,
sama-sama diberi kedudukan oleh baginda raja, demikian keluarga raja keturunan
istana Bangkang, serta yang berada di Sukasada, menyebabkan tenang dan sempurna
baginda raja, dibantu oleh sanak keluarga dan tanda mantri serta punggawa.
Entah berapa lamanya, bagaikan kehendak-Nya, sebab sudah
tiga giliran waktunya pembagian takdir Yang Maha Kuasa, disertai dengan
perputaran jaman, menyebabkan keadaan menjadi kacau, menyebabkan banyak yang
saling fitnah, diakibatkan oleh keinginan Belanda untuk menguasai negara,
dengan cara-caranya sendiri, sehingga ada saja alasannya untuk menghukum,
menyalahkan Ki Gusti Ngurah Ketut Jlantik, sehingga beliau diberhentikan
menjadi raja, selanjutnya beliau dijadikan orang buangan di Pulau seberang
yaitu wilayah Padang Pulau Sumatra.
Setelah keadaan demikian, selanjutnya Belanda sebagai
penguasa daerah Buleleng, tidak ada rajanya lagi, hanya Ki Gusti Bagus Jlantik
kedudukannya sebagai patih, sebagai pemimpin orang-Bali di Buleleng.
Kembali diceritakan, tentang keturunan beliau Ki Gusti Made
Rai di Sukasada, beliau banyak menurunkan keturunan, yang tertua Ki Gusti Bagus
Rai, adiknya Ki Gusti Made Ksatra, Ki Gusti Nyoman Karang, Ki Gusti Ketut
Tangi, Ki Gusti Ketut Jlantik, Ki Gusti Bagus Dalang, Ki Gusti Ayu Ketut Rai,
Ki Gusti Putu Gunung, Ki Gusti Nyoman Jlantik Ceples, Ki Gusti Ayu Jlantik, Ki
Gusti Ketut Perasi, Ki Gusti Nyoman Jlantik, Ki Gusti Ketut Rai, Ki Gusti Ayu
Putu, beliau dijadikan istri oleh Ki Gusti Putu Griya, di Singaraja.
Adapun Ki Gusti Made Panji, berputra Ki Gusti Ayu Turun.
Adapun I Gusti Nyoman Panarungan, berputra Ki Gusti Bagus Bebed, sama-sama
berkedudukan di Sukasada.
Adapun Ki Gusti Agung, pindah ke Depaha, berputra Ki Gusti
Ayu Sekar, Ki Gusti Ayu Made Panji, Ki Gusti Ayu Made Rai Kebring, yang
dijadikan istri oleh Ki Gusti Made Singaraja, di Singaraja, Ki Gusti Ketut
Jlantik, Ki Gusti Putu Canang, Ki Gusti Made Togog, Ki Gusti Ayu Nyoman Tilem,
Ki Gusti Ketut Panji, serta Ki Gusti Ayu Jlantik.
Adapun yang berada di istana Bangkang, Ki Gusti Made Banjar,
berputra Ki Gusti Ayu Dangin, istri beliau Ki Gusti Nyoman Gunung, di Tukad
Mungga, Ki Gusti Ayu Mas, Ki Gusti Nyoman Jlantik, serta KI Gusti Made Panji.
Adapun Ki Gusti Nyoman Banjar, berputra Ki Gusti Ayu
Kompyang Panji, Ki Gusti Made Selat, serta Ki Gusti Ketut Putu. Adapun Ki Gusti
Ketut Tangkeban, beliau tidak mempunyai keturunan.
Adapun Ki Gusti Wayan Jlantik, berputra Ki Gusti Putu Cede,
Ki Gusti Made Jlantik, Ki Gusti Ayu Nyoman Ayu, istri beliau Ki Gusti Nyoman
Jlantik, Ki Gusti Ayu Kajeng, Ki Gusti Ayu Rai, istri beliau Ki Gusti Putu
Intaran, di Bangkang, Ki Gusti Ayu Ketut Panji,, istri beliau Ki Gusti Ketut Putra
di Tukad Mungga, serta yang bungsu Ki Gusti Bagus Jlantik.
Adapun Ki Gusti Nyoman Oka, berputra Ki Gusti Putu Intaran,
Ki Gusti Made Celagi, Ki Gusti Nyoman Jlantik Jebel, Ki Gusti Putu Gianyar,
serta Ki Gusti Made Kaler. Kemudian Ki Gusti Ketut Rai, berputra Ki Gusti Ayu
Jlantik, istri beliau Ki Gusti Bagus Rai dari Tukad Kemudian Ki Gusti Ketut
Panji, berputra Ki Gusti Putu Panji, Ki Gusti Ayu Kompyang Sekar, istri beliau
Ki Gusti Made Jlantik, Ki Gusti Ayu Made Rai, istri beliau Ki Gusti Nyoman Jlantik
Jebel.
Adapun Ki Gusti Ketut Kaler, berputra Ki Gusti Ayu Kompyang
Jlantik, istri beliau Ki Gusti Bagus Jlantik dari Bangkang, serta adiknya Ki
Gusti Made Raka. Adapun Ki Gusti Ketut Ksatra, berputra Ki Gusti Bagus Jlantik
Dawuh. Kemudian Ki Gusti Ketut Banjar, berputra Ki Gusti Ayu Dalem, istri
beliau Ki Gusti Ketut Putu di Bangkang, Ki Gusti Ayu Made Rai, Ki Gusti Panji
Cuweh, Ki Gusti Ayu Made Ayu, Ki Gusti Ketut Ayu, Ki Gusti Ayu Selat, Ki Gusti
Made Jiwa, Ki Gusti Nyoman Raka, serta Ki Gusti Ayu Ketut Griya, beliau
Semuanya ada di Bangkang, satu tempat suci untuk pemujaan bagi beliau semua.
Adapun yang ada di Tukad Mungga, yang bernama Ki Gusti Putu Panji, berputra Ki
Gusti Bagus Rai, Ki Gusti Ayu Jlantik, istri beliau Ki Gusti Putu Intaran di Tukad
Mungga, Ki Gusti Made Oka, Ki Gusti Ayu Nyoman Rempeg, istri beliau Ki Gusti
Putu Gianyar di Bangkang, serta Ki Gusti Ketut Cede. Ki Gusti Ketut Ksatra,
berputra Ki Gusti Ayu Kompyang Sekar, istri beliau Ki Gusti Ketut Cede, di
Tukad Mungga, adiknya Ki Gusti Made Jlantik. Adapun Ki Gusti Ketut Jlantik,
berputra Ki Gusti Ayu Kompyang Rai, istri beliau Ki Gusti Ketut Cede di Tukad
Mungga.
Selanjutnya Ki Gusti Putu Batan, berputra Ki Gusti Ayu Putu
Sekar, istri beliau Ki Gusti Ketut Ksatra di Bangkang, Ki Gusti Ayu Made
Jlantik, istri beliau Ki Gusti Made Celagi di Bangkang, Ki Gusti Ayu Kompyang
Ayu, istri beliau Ki Gusti Putu Griya di Singaraja, Ki Gusti Made Singaraja, Ki
Gusti Ayu Nyoman Ayu, istri beliau Ki Gusti Nyoman Raka, Ki Gusti Ketut Bagus,
serta yang bungsu Ki Gusti Ketut Putu.
Adapun beliau Ki Gusti Nyoman Jlantik, berputra Ki Gusti
Putu Center, Ki Gusti Ayu Made Rai, istri beliau Ki Gusti Putu Cede di
Bangkang, Ki Gusti Putu Selat, Ki Gusti Ayu Made Sekar, Ki Gusti Nyoman Jlantik
Gunung, serta Ki Gusti Ketut Putra. Adapun Ki Gusti Ketut Kaler, berputra Ki
Gusti Ayu Kompyang Kaler, serta Ki Gusti Ayu Made Griya, sama-sama diambil
sebagai istri oleh Ki Gusti Ketut Jlantik.
Selanjutnya Ki Gusti Bagus Jlantik Patih, berputra Ki Gusti
Putu Intaran. Serta Ki Gusti Made Karang, beliau tidak mempunyai keturunan.
Selanjutnya Ki Gusti Ketut Banjar, putra beliau tertua bernama Ki Gusti Putu
Griya, adiknya Ki Gusti Ayu Made Panji, istri beliau Ki Gusti Putu Selat di
Tukad Mungga, Ki Gusti Nyoman Raka, Ki Gusti Ketut Jlantik, serta Ki Gusti Ayu
Rai, istri beliau Ki Gusti Putu Intaran di Tukad Mungga. Demikian keturunan
beliau yang ada di Tukad Mungga, Semuanya bersatu dalam satu tempat pemujaan
masing-masing di desa Tukad Mungga.
Adapun Ki Gusti Ngurah Ketut Jlantik, bekas raja Buleleng
yang terakhir, berasal dari keturunan di Kubutambahan, beliau mempunyai seorang
putri, bernama Ki Gusti Ayu Kompyang, istri beliau Ki Gusti Made Singaraja, di
Singaraja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar