PENGIWA
SAMPURNA
Dalam
babad pagedongan, sebuah teks cerita yang tidak pernah dipentaskan kepada umum.
Karena dianggap rahasia, angker, tenget, aja wera, tidak boleh
dibicarakan sembarangan. Maka dia hanya berkembang dari mulut ke mulut, dari
pribadi ke pribadi itu pun secara rahasia pula.
Sehingga sangat sulit untuk
menemukan teks atau lontar aji pengiwa yang bisa dijadikan acuan dalam
penulisan buku ini. Tapi rupanya Mpu Peradah masih bermurah hati. Beliau tidak
ingin ajarannya musnah dimakan rayap, hilang tanpa pewaris. Beruntung salah
seorang penglingsir penulis (almarhum Shri Reshi Bhuda kerti - guru nabhe
penulis) mewarisi potocopy teks lontar aji pengiwa milik Geria Bangket
Sidemen Karangasem. Sehingga penulisan buku ini bisa terwujud.
Tersebutlah dalam
kisah bahwa sebelum Mpu Peradah meninggalkan Dirah menuju ke Puri Kediri, untuk
menjabat sebagai bagawanta di Puri Kediri. Beliau masih sempat mewarisi lontar aji pengiwa kepada Mpu Bahula: “Anakku Bahula, walaupun ratu leak
sejagat ibu mertuamu sudah tiada, namun selama dihati manusia masih ada rasa
iri, dengki, sombong dan angkuh, serakah, tamak, momo angkara, maka
selama itu pula ajaran ilmu pengeleakan akan tetap ada. Karena itu, kuwariskan
ajaran leak sari ini kepadamu. Ajaran ini berasal dari lontar aji
pengiwa milik mertuamu, tapi sudah aku luruskan, sudah aku sempurnakan. Inilah
ajaran Pengiwa Sampurna, Siwa Nirmala. Berguna untuk mengatasi
segala macam ilmu pengeleakan. Bila engkau sudah menguasainya
wariskanlah ilmu ini kepada anak cucumu nanti, atau kepada siapa saja yang
dengan sungguh sungguh ingin mempelajarinya, tapi ingat aja wera. Ajarkanlah
secara rahasia, jangan sekali-kali engkau pernah membuka perguruan secara terbuka
untuk ilmu ini, taksunya akan hilang. Berikut adalah ajarannya”.
Ini adalah Pasuryan Pangiwa,
barang siapa ingin mempelajari aji pengiwa, ini yang mula-mula harus - gelaraken
ring sarira. Segala pengiwa menguasai ini terlebih dahulu, ini
adalah mantera wajib bagi pengiwa.
Seperti ini yang
pertama dibayangkan: Bhutane di sarira dan Dewane di sarira, yang menjaga ring
sariranta: Dewa ring jero, Bhuta ring jaba, bernama I Panca
Maha Bhuta, yen ring jaba bernama Dengen. Nah, seperti ini keberadaan
beliau: Sanghyang Iswara jumeneng ring pepusuh, kahiring dening Bhuta
Putih. Sanghyang Brahma jumeneng ring hati, kahiring dening Bhuta
Bang. Sanghyang Mahadewa jumeneng ring ungsilan, kahiring dening
Bhuta Jenar. Sanghyang Wisnu jumeneng ring ampru, kahiring dening
Bhuta Ireng. Sanghyang Siwa jumeneng ring unduh-unduhaning hati,
kahiring dening Bhuta Amancawarna. Itulah yang harus dihayati terlebih
dahulu, sampai benar-benar dirasakan keberadaan dan kehadiran beliau.
Setelah
itu keluarlah mantera pengiwa:
“ BYAR-BYAR-BYAR,
ONG-ONG-ONG, ANG-ANG-ANG, BYAR-BYAR-BYAR . Metu geni saking sariran-ku, enteg
ring akasa, ING-ING-ING. Idep aku Sanghyang Jaya Murthi, rumawak ring
sariran-ku. Metu geni saking nabhinku, HER-HER-HER, katon dwaraning awak
sariran-ku. Mlesat ikang geni, metu ring mukan-ku, ke jaba hinang, murub
angarab-arab tumpeng akethi. Mlesat aku ring akasa, miber aku angegana, mider
aku angalayang, amor aku ring Sanghyang Candra. Malih aku melesat, tumedun aku
ring gunung Agung. Kasor sahananing Durga Durjana ring awak sariran-ku,
RENG-RENG-RENG. Apan aku sukmaning maya kabeh. Aku sarining saktimaya kabeh.
Dewa wedi ring saktin-ku, Bhuta-Bhuti nembah ring aku, mwah sahisin bhuwana
kabeh, ngeb ring aku, nembah nungkul ring aku. Rep-rep-sirep ikang bhuwana
kabeh, ONG-MREM, smerem sahisining bhuwana. ONG Sanghyang Gnireka, Sanghyang
Gnitaya, Sanghyang Cintya Gni. Apan aku mawak Hyang Brahma Wijaya Murthi, sakti
aku tan kahungkukan. Aku mawak Agni sejagat, angrangsuk aku busananing Brahma
sakti. Sahananing leak kabeh, nembah nungkul ring aku, desti nembah ring aku,
panengen nembah ring aku. Metapakan aku Wilmana Bhuta Saliwah. Yan ana lenggana
ring aku, teka geseng dadi awu. Leak purik ring aku, geseng. Bhuta Kala Dengen
purik ring aku, geseng kadilah den aku. Manusa purik ring aku, geseng
tanpasesa. Apan Sanghyang Siwa Gni, Brahma, Wisnu, Iswara, Mahadewa, mwang
Sambu, Sangkara, Ludra, Maesora, Siwa-Nirmala, pinupul ring awak sariran-ku,
kiwa-tengen.
“Muah Bhuta
Mancawarna : Bhuta Putih, Bhuta Bang, Bhuta Jenar, Bhuta Ireng, Bhuta Brumbun,
pada pinupul ring awak sariran-ku. Metu kita Bhuta kabeh, ring awak sariran-ku,
ANG-ANG-ANG”.
Tata
cara dalam menghidupkan ilmu Pengiwa Sampurna ini adalah sebagai berikut: Pada
hari Jumat Kliwon, penanggal ke 9 di hadapan Sanggah Kemulan, buatlah sajen
atau banten seperti ini: Suci Bang asoroh, mehiwak itik mabulu sikep,
metindihan sucine kain - wastra bang 9 depa - kurang lebih 9 meter. Sesayut
Geni Wetu; seperti ini tetandingannya: Mesampiyan andog bang, aledan
semayute rwaning andog bang, mehiwak sata - ayam - biying - merah - putih masuku bang, lebih
bagus kalau bang - karna. Masesantun galahan, majinah akethi nanggu solas
tali ( 111.000 ). Masegeh amanca-warna, ulam segehane; papusuhan 1, hati
sahunduh, limpa, nyali, babuwahan. Petabuhe: Arak berem-ketan, berem-injin,
berem beras, toya kelebutan.
Di Pura Dalem juga dihaturkan sajen
atau banten yang sama. Hanya kalau di Pura Dalem, aledan semayute
menggunakan rwaning - daun - andong - bang sebanyak 9 bidang, dan
harus minta ijin pada pemangku setempat. Semua perbuatan itu tidak boleh
diketahui oleh orang lain, termasuk anak dan istri. Sebelumnya harus mandi
keramas mesesuci, memakai minyak wangi, asep menyan antanggi. Mewastra
bang 3 depa
nanggu abelah (berpakaian merah-kain merah-sekitar 3,5 mtr) mekampuh
akuhub. Ingat ini dilakukan pada saat tengah malam.
Jadi ada 2 tata cara menjadi leak
sari, anda boleh pilih salah satunya. Atau menggunakan kedua-duanya
sekaligus, itu tergantung keyakinan dan kemantapan hati anda masing-masing.
Selamat mencoba dan semoga berhasil.
(Sumber
: Buku Leak Sari, Paramita Surabaya)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar